Dianggap Media Paling Efektif Untuk Promosi, Seberapa Mahal Biaya Pasang Iklan di Televisi

Iklan TV - (Sumber: revistanordeste.com.br)Iklan TV - (Sumber: revistanordeste.com.br)

Hingga saat ini, Televisi merupakan salah satu elektronik yang dianggap paling efektif untuk memasang . Hal tersebut dikarenakan wilayah Indonesia yang sangat besar sulit dijangkau oleh lainnya secara keseluruhan seperti koran, radio, majalah, tabloid, karena unsur keterbatasan waktu dan tempat.

Televisi memang menjadi media yang bagus saat ini, karena hampir semua masyarakat sudah memiliki televisi di tempat tinggalnya. Mengiklan di juga sangat cepat dan bisa dilihat oleh jutaan orang per sekali tayang. Namun perlu dicatat bahwa tarif per tayang dan menurut jam tayangnya membuat biaya pasang iklan ini berbeda-beda.

“Angka rating itu akan menjadi tolok ukur untuk menentukan cost per rating point (CPRP), yaitu biaya untuk menjangkau satu persen dari target konsumen tertentu. Semakin tinggi rating sebuah , akan semakin tinggi pula tarif per spot iklan pada tersebut,” ucap Nurvina Alifa Dharmawan, salah seorang penggiat Rapotivi.

Hal ini karena dengan rating yang tinggi, hitungan CPRP-nya jadi lebih rendah. Misalkan saja program A mendapat rating 15 dengan tarif Rp15 juta per spot iklan. Sementara program B mendapat rating 20 dengan tarif Rp18 juta per spot iklan. Jika dihitung, CPRP program A adalah Rp1 juta dan CPRP program B adalah Rp900 ribuan. Dengan demikian menurutnya, pengiklan akan cenderung memilih membeli spot iklan di program B karena biaya untuk menjangkau 1% audiens lebih murah dibanding di program A.

Untuk acara yang disiarkan secara tunda atau langsung juga terdapat perbedaan dalam biaya iklan tv yang dipasang. Untuk siaran langsung, harga yang dipatok lebih mahal dibandingkan siaran tunda. Selain itu, jam penayangan iklan juga berpengaruh pada biaya yang ditawarkan. Pada trafik penonton yang ramai akan dipasang biaya iklan televisi yang lebih mahal dibandingkan jam tayang yang diperkirakan tidak ramai penonton.

Letak antara iklan dan program acara juga mempengaruhi harga. Iklan yang diputar setelah program acara berlangsung akan dianggap sebagai posisi pasang iklan yang paling strategis sehingga dipasang harga lebih mahal dibandingkan iklan yang dipasang di antara iklan lain. Hal ini berkaitan dengan penonton yang suka mengganti kanal siaran ketika iklan berlangsung. Apabila dikalkulasikan, maka rata-rata tarif iklan TV terbagi dalam dua jenis, tarif murah berkisar Rp50 ribuan hingga Rp350 ribu per spot (durasi 15-30 detik) dan tarif mahal berkisar Rp6 juta hingga Rp16 juta per spot (durasi 15-30 detik).

Meskipun dengan tarif yang cukup mahal, tetap saja masih ada banyak brand yang berani mengeluarkan biaya iklan untuk berebut slot iklan di program acara yang memiliki rating tinggi. Karena slot iklan juga terbatas, jadi pada TV berlaku kebijakan first come first served, siapa yang terlebih dahulu memesan slot iklannya, mereka yang akan mendapatkannya.

Loading...