Dianggap Mampu Meningkatkan Mood, Kopi Hijau Kini Juga Tersedia Di Supermarket

Kopi Hijau - kopihijauasli.orgKopi Hijau - kopihijauasli.org

Green coffee sebenarnya sudah sempat sejak tahun 2012. Kala itu hijau dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan sempat ditampilkan di salah satu acara di TV swasta. Kini kopi hijau mencuat lagi dengan adanya produk kopi hijau yang tersedia di .

Karena kopi hijau tidak melalui proses pemanggangan, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibanding dengan kopi biasa atau kopi yang sudah melalui proses pemanggangan.

Berdasarkan yang diterbitkan pada bulan Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Machine, suplemen harian ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan, serta komposisi lemak di hati pada tikus. Pada tersebut terlihat kafein dan asam klorogenat sebagau senyawa utama untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, kafein yang terdapat dalam kopi hijau memiliki efek yang positif pada suasana hati dan aktivitas otak kita. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Bulletin, februari 2008 lalu, didapatkan hasil studi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahaan tubuh dan beberapa faktor lain dari kinerja kognitif. Peneliti menuturkan bahwa asupan kopi hijau optimal adalah 1/3 cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

Namun dibalik manfaatnya, kopi hijau juga dianggap membahayakan jika dikonsumsi secara berlebih. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Jounal of Neutrology, Neurosurgy and Psychiatry tahun 2002, dijelaskan bahwa meminum kopi lebih dari lima gelas perhari dapat meningkat resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke.

Kafein yang terdapat dalam kandungan kopi juga dianggap mampu menyebabkan insomnia atau gangguan tidur, mudah gugup, sakit kepala, mudah marah dan merasa tegang.
“kafein cenderung memicu masalah kardiovaskular pada orang-orang yang metabolisme kafeinnya lambat, karena zat stimulan bertahan di tubuh lebih lama”, tutur El-Sohemy, seorang profesor ilmu gizi Universitas Toronto.

Terlepas dari resiko kopi hijau, bagi penyuka kopi hal tersebut tentunya bukan hal yang harus dipikirkan selama kopi dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Kopi hijau sudah bisa didapatkan dengan mudah di supermarket ataupun minimarket dengan berbagai macam merk produk.

Beberapa merk yang ada di supermarket antara lain Green Coffee Papandayan yang dijual dengan 100 ribuan, OVJ My Green Coffee dengan 40 ribuan, Nescafe Green Coffee yang dari 20 ribuan.

Penanaman biji kopi pertama kali ditemukan di kawasan Arab, tepatnya di Laut Merah pada tahun 1100 masehi. Kala itu, pemanggangan belum diterapkan sehingga biji kopi bisa langsung diseduh, sama seperti pada proses pembuatan teh.

Kopi hijau atau Green Coffee merupakan biji kopi dari buah coffea yang belum dipanggang. Bagi orang yang gemar meminum kopi, pasti sudah mengetahui kopi ini. Sama seperti kepopuleran green tea, kopi hijau ini juga tidak susah untuk kita temukan di supermarket atau minimarket sekitar.

Loading...