Dianggap Lebih Sehat Karena Rendah Kolesterol, Harga Daging Burung Puyuh 2017 Mulai Rp10 Ribuan

Daging Puyuh - (Sumber: kalimirchbysmita.com)Daging Puyuh - (Sumber: kalimirchbysmita.com)

Daging burung puyuh memiliki rasa yang lezat, tidak kalah dengan kenikmatan daging ayam, daging maupun daging sapi dan lainnya. Sehingga saat ini banyak bermunculan warung kuliner yang menyuguhkan burung puyuh sebagai menu utamanya.

Burung puyuh dapat disajikan dengan beragam olahan yang membuat ketagihan konsumennya. Berbicara tentang rasa, burung puyuh dianggap memiliki rasa yang lebih gurih oleh sebagian penggemar dibanding dengan daging lainnya. Jika dibandingkan dengan daging ayam ataupun bebek, daging puyuh memang cenderung lebih tipis. Namun, sensasi bersantap burung puyuh menjadi terasa lebih mengasyikkan ketika gigitan daging bertemu dengan gurihnya tulang muda. Keunggulan lain dari daging burung puyuh ini adalah dianggap lebih sehat karena rendah kolesterol.

Dari hasil pengujian oleh Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada Januari 2016 lalu, hasil analisis kandungan pada burung puyuh terbukti lebih tinggi dibandingkan dengan ayam dan bebek dengan persentase kolestrerol pada puyuh yang lebih rendah dibandingkan dengan ayam ataupun bebek.

Semakin meningkatnya jumlah permintaan konsumen akan burung puyuh ini juga dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk membuka usaha peternakan burung puyuh. Kurangnya pasokan terhadap burung puyuh ini merupakan peluang usaha bagi masyarakat. Peternakan burung puyuh, selain mendapatkan hasil telur juga menghasilkan daging terbaik yang bisa diolah untuk makanan bergizi. Hal tersebut dibenarkan oleh Elly Wasliah, Kepala Dinas Pangan dan Peternakan Kota Bandung, dilansir dari kompas.com.

“Cocok untuk peternakan di perkotaan karena tidak memerlukan lahan luas. Baunya juga tidak seperti (peternakan) ayam. Ke lingkungan tidak akan mengganggu tetangga,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa keuntungan dari beternak unggas ini adalah salah satunya bisa didapat dari telur. Dalam satu hari, satu ekor burung puyuh mampu menghasilkan satu butir telur. Maka, jika peternak memiliki 1.000 ekor burung maksimal telur yang dihasilkan mencapai 800 hingga 900 telur. Hal ini dikarenakan ada persentase kegagalan maksimal mencapai 20 persen.

untuk telur puyuh dari peternak di bisa mencapai Rp25 ribuan per kilogram. Dalam satu hari, 1.000 ekor burung puyuh membutuhkan biaya pakan sejumlah Rp150 ribuan. Maka keuntungan yang diperoleh dari penjualan telur saja mencapai Rp75 ribuan. Belum lagi dari burung puyuh jantan yang bisa dimanfaatkan untuk konsumsi. Pada tahun 2017 ini, harga 1 ekor burung puyuh petelur 30 hari seharga Rp25 ribuan. Sedangkan untuk jenis burung puyuh pejantan, dijual dengan harga Rp15 ribuan per ekor. Selain itu, juga terdapat jenis puyuh potong Maton yang ditawarkan seharga Rp25 ribuan per ekor dan puyuh potong Afkiran seharga Rp10 ribuan per ekor.

Semua bagian pada burung puyuh dapat dimanfaatkan. Mulai dari telur, daging, tulang untuk bahan pembuatan keripik, dan kotorannya untuk pupuk. Kotoran burung puyuh ini memiliki unsur hara makro dan mikro tertinggi setelah kotoran kelelawar.

Loading...