Dianggap Lebih Sehat, Berapa Harga Minyak Nabati Canola Oil per Liter?

Minyak, goreng, sayur, nabati, canola, oil, kanola, di, pasaran, pusat, belanja, harga, per, liter, Tropicana slim, Mazola, merek, merk, zaitun, salad, menggoreng, kesehatan, risiko, jenis, kolesterol, jantung, asam, lemak, tak, jenuh, brand, manfaat, supermarket, virgin, olive, kanker,Minyak canola dalam mangkuk (sumber: livestrong.com)

Membeli sayur atau nabati, ternyata susah-susah gampang. Selain jenisnya yang banyak, sebaiknya kenali dulu sayur yang akan dibeli, agar manfaat maksimalnya masih tetap bisa dirasakan. sayur yang sering disebut goreng sepertinya menjadi salah satu bahan di dapur yang wajib ada. Banyak dan yang beredar dan tidak semua bisa digunakan untuk menggoreng.

Banyak orang mulai menghindari minyak goreng karena takut efek buruk bagi jantung dan kadar kolesterol darah. Padahal, kalau bisa mengenali jenis-jenis minyak yang ada di kita bisa mengambil manfaat yang ada tanpa harus meninggalkannya.

Minyak canola termasuk minyak nabati yang cukup aman untuk kesehatan. Minyak canola kini mulai banyak ditemui di beberapa supermarket besar. Mengandung omega-3 yang cukup tinggi, selain itu asam lemak tak jenuh tunggalnya juga bisa membantu Anda menjaga kolesterol tetap dalam keadaan normal. Minyak canola dapat dipanaskan hingga suhu 200°C. Lebih dari itu, maka kondisi minyak akan rusak. Minyak canola tak hanya bisa digunakan untuk memasak, tapi juga dipakai sebagai dressing salad.

Ahli Nutrisi, Jocelyn Halim menjelaskan bahwa minyak canola lebih baik digunakan sebagai minyak untuk menggoreng. Hal ini karena minyak canola mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Canola sendiri mengandung 60 persen lemak tak jenuh tunggal, 34 persen lemak tak jenuh ganda dan 6 persen lemak jenuh. “Sebenarnya minyak zaitun dan minyak canola sama-sama bagus, tapi untuk menggoreng, canola lebih stabil asam lemaknya saat dimasak. Kalau lemak tinggi malah akan berisiko kolesterol naik,” katanya kepada Viva.

Selain itu cita rasanya termasuk ringan sehingga cocok untuk menumis atau menggoreng dengan teknik pan-frying. Minyak canola juga bisa digunakan untuk melapisi wajan agar bahan tidak lengket.

Sedangkan minyak zaitun sendiri tidak direkomendasikan digunakan sebagai minyak untuk menggoreng, lantaran minyak zaitun tidak boleh dipanaskan karena nanti akan merusak manfaat sehatnya. Minyak zaitun baik digunakan untuk olahan salad lantaran rasanya yang netral dengan titik asap yang rendah.

Untuk diketahui, ada banyak macam minyak zaitun tetapi kualitas terbaik ada pada extra virgin olive oil yang bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko beberapa jenis .

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari minyak canola, yang merupakan golongan minyak nabati yang baik untuk kesehatan, Anda bisa mulai memilih untuk menggunakan minyak kanola untuk menggoreng. Beruntung saat ini minyak kanola sudah banyak ditemukan di sejumlah pusat belanja. Salah satu brand yang memproduksi minyak canola adalah Tropicana Slim. Tropicana Slim Canola Oil dengan Rp75 ribuan per liter. Ada juga merk Mazola Canola Oil yang ditawarkan seharga Rp100 ribuan per 1,5 liter.

Loading...