Dianggap Keramat, Harga Kitab Stambul Asli Capai Jutaan Rupiah

Kitab Stambul

Anda mungkin pernah mendengar tentang Kitab Stambul atau mini. Kitab yang juga disebut sebagai Istanbul ini punya dimensi hanya sebesar kotak korek api dan sering dianggap sebagai benda keramat oleh sebagian kalangan. Karena itu, tidak mengherankan jika kitab yang bisa dengan harga mencapai jutaan rupiah ini banyak diburu oleh sebagian .

Kabupaten Banyumas merupakan salah satu wilayah yang masih menganggap Kitab Stambul sebagai benda keramat. Dalam hari jadinya yang ke-446 tahun pada bulan Februari 2017 kemarin, kabupaten ini melakukan kirab Kitab Stambul beserta tiga pusaka lainnya, yaitu Tombak Kiai Genjring, Keris Kiai Gajah Endro, dan Keris Kiai Nalaraja, dari pendapa rumah dinas wakil bupati menuju pendapa rumah dinas bupati.

“Kirab pusaka ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk melestarikan budaya Banyumas,” jelas Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Banyumas, Joko Wiyono. “Kirab pusaka ini yang menjadi agenda tahunan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Banyumas.”

Menurut beberapa kalangan, mushaf Alquran ini konon disebut-sebut sebagai Alquran yang tidak dicetak oleh manusia, melainkan dibuat oleh golongan jin untuk membantu manusia . Dulunya, Kitab Stambul ditulis dengan menggunakan tinta emas khusus yang dapat menyala dalam gelap dan tetap dapat dibaca oleh mata normal tanpa kaca pembesar, meski ukurannya sangat mini.

Karena berbagai kisah mistis ini, kemudian banyak kalangan yang menganggap Kitab Stambul sebagai kitab yang sakti dan keramat. Mereka pun menganggap kitab ini punya kekuatan, misalnya dapat mendatangkan rezeki atau mendekatkan jodoh. “Ini benda-benda yang dianggap keramat oleh orang-orang yang dulu memilikinya, namun kemudian diserahkan pada pengurus majelis karena mereka ingin tobat,” jelas salah satu pengurus Majelis Tafsir Alquran Surakarta bernama Bambang.

Di beberapa , banyak penerbit atau toko yang menawarkan Kitab Stambul yang mereka klaim sebagai kitab yang asli. Salah satu toko menjual kitab ini dengan harga mulai Rp125.000, sedangkan toko yang lain memasarkannya dengan harga mulai Rp400.000. Ada juga toko yang menjual Kitab Stambul dengan harga Rp3.000.000 karena disebut terbuat dari kulit unta.

Loading...