Dianggap Dapat Memudarkan Stretch Mark, Minyak Vitamin E Dibanderol Harga Ratusan Ribu Rupiah

Minyak Vitamin E - (Sumber: sehatly.com)Minyak Vitamin E - (Sumber: sehatly.com)

Vitamin E sudah lama dikenal berkhasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Vitamin tersebut dapat Anda nikmati dalam bentuk kapsul ataupun . Untuk vitamin E dalam bentuk minyak, kini sudah bisa Anda beli dengan mudah karena sudah beredar di pasaran.

Cara mendapatkan minyak vitamin E pun tergolong mudah, salah satunya melalui online. Dari segi harganya, bervariasi, mulai dari Rp 60.000 (Happy Green Natural Vitamin E Oil 10ml)-195.000 (Puritan’s Pride Vitamin E-Oil).

Minyak Vitamin E dianggap cocok untuk perawatan kulit pasca melahirkan, karena dapat membantu memudarkan stretchmark. Nutrisi di dalamnya bisa mengembalikan elastisitas kulit, sehingga garis-garis putih yang terjadi karena peregangan kulit dapat tersamarkan.

Adanya stretch mark, membuat orang yang mengalaminya berusaha untuk menghilangkannya dengan berbagai cara. Ada juga mereka yang berusaha mencegahnya, misalnya dengan mengoleskan lotion secara rajin saat hamil.

Tetapi, sayangnya, semua itu bisa jadi hal yang sia-sia. Berdasarkan penelitian, hal tersebut dikarenakan tidak adanya faktor genetik yang berhubungan dengan stretch mark. “Sebelumnya, tidak ada genetik yang diketahui berhubungan dengan stretch marks,” ujar Joyce Tung, Ph.D., direktur riset di 23andMe.

Selain untuk mengatasi masalah pada kulit seperti stretchmark, minyak vitamin E juga bisa digunakan dalam berbagai hal mengenai kesehatan dan kecantikan kulit, misalnya menghilangkan bekas jerawat, mengatasi kulit kering dan menjaganya tetap cerah, mengobati kulit yang terbakar sinar matahari, dan lain-lain.

Minyak vitamin E juga bisa bermanfaat bagi kesehatan rambut. Minyak ini diklaim dapat membantu rambut, pengganti conditioner, mencegah uban, menghilangkan ketombe, memberi nutrisi pada kepala, memperkuat folikel rambut, menambah volume pada rambut tipis, dan mengembalikan kelembapan rambut kering.

Pada makanan, vitamin E dapat ditemukan dalam kacang-kacangan dan minyak sayur yang biasanya dipakai memasak. Berdasarkan penelitian, ternyata vitamin E ternyata mampu mengurangi nyeri pada saat datang bulan.

“Vitamin E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan terbukti mampu mengurangi nyeri haid. Penelitian yang saya lakukan kemarin, memberikan 5 kapsul vitamin E kepada remaja wanita, dan berhasil mengurangi nyeri sesuai dengan skala yang sudah saya tentukan,” papar Dosen kebidanan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), A. Masnilawati SST., M.Kes.

Menurut National Institutes of Health, asupan vitamin E normal per hari adalah 15mg atau setara 22,4 IU untuk dosis orang dewasa. Tetapi, disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Hal tersebut didukung oleh penelitian John Hopkins University mengungkapkan bahwa konsumsi vitamin E lebih dari 400 IU setiap hari malah meningkatkan risiko kematian sebesar 4-6 persen. Penelitian lain menyebutkan bahwa kelebihan asupan vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

Loading...