Dianggap Bisa Menaikkan Rating Pekerja Bidang Elektro, Biaya Diklat ETO Sekitar Rp 5 Jutaan

biaya, diklat, eto, surabaya, di, kampus, jakarta, peserta, jadwal, informasi, situs, persyaratan, waktu, kelas, baru, siswa, kompetensi, kelautan, perilaku, didik, kognitif, afektif, psikomotorikIlustrasi: seorang teknisi listrik

Electro technical officer (ETO) adalah engineer officer yang bekerja di bawah ampuan Chief Engineer, yang mempunyai kualifikasi hampir sama dengan engineer namun mempunyai pengetahuan yang lebih besar mengenai beragam sistem listrik dan . ETO bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan semua peralatan listrik dan , instalasi dan , juga termasuk komunikasi radio dan alat bantu navigasi .

Untuk menjadi seorang ETO, seseorang harus mengikuti diklat. Lembaga yang menyelenggarakan itu salah satunya adalah Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta.

Biaya diklat ETO di BP3IP Jakarta sekitar Rp 5,3 juta. Diklat akan dilaksanakan selama 3 minggu. Persyaratan mengikuti diklat tersebut antara lain berijazah minimal D3 listrik dan elektro, memiliki masa layar yang diakui 24 bulan pada lima tahun terakhir sebelum 1 Januari 2012 dengan mesin penggerak utama 750 KW atau lebih dibuktikan dengan masa layar, dan masih ada beberapa persyaratan lain. Informasi lebih lanjut bisa Anda baca di situs resmi BP3IP Jakarta.

Mengenai jadwal pendaftaran diklat, Anda juga bisa melihat di situs resmi BP3IP. Dilansir dari situs resminya, pendaftaran masih tertera tahun 2017. Oleh karena itu, bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai waktu diklat, bisa menghubungi pihak BP3IP langsung di nomor kontak yang ada di situs mereka.

BP3IP Jakarta menargetkan kelas baru untuk Prodi ETO dan menerima baru. Prodi ETO akan melengkapi bidang keahlian kepelautan yang dibuka di kampus pelaut ternama di Jakarta tersebut. “Targetnya, kami bisa menerima dan kelas baru ETO,” kata Kasie SDM BP3IP Jakarta Darwis, MT, M.Si, M.Mar.E.

Selama ini prodi ETO hanya dibuka di Poltekpel Surabaya. Ke depan, akan dibuka kelas serupa di BP2IP Malahayati Aceh. “Jika semua berjalan lancar, BP3IP Jakarta sudah bisa menerima kelas ETO tahun ini,” ujar Darwis.

Menurutnya, dengan membuka kelas baru ETO diharapkan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik serta alternatif lembaga diklat ETO di Tanah Air. “BP3IP Jakarta berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasanya terutama siswa diklat tentang kelautan di Tanah Air,” papar Darwis.

Bagi pelaut terutama di bidang elektro dan ingin meningkatkan rating, menurut Darwis, bisa mengambil kelas ETO di BP3IP Jakarta. “Kampus ini siap membuka kelas ETO dengan kualifikasi tenaga pengajar yang memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu, mereka juga sudah mempunyai pengalaman berlayar yang tinggi,” tandas Darwis.

Sementara itu di Surabaya, diadakan acara Bon Voyage yang diikuti oleh peserta ETO, yang merupakan  Pertamina yang sudah bertugas sebagai perwira Electro Technical Officer (ETO) di kapal-kapal Pertamina, dan telah menyelesaikan diklat kompetensi kepelautan hasil kerjasama antara Poltekpel Surabaya dengan PT. Pertamina.

Kegiatan diklat ETO Transisi pada Poltekpel Surabaya secara operasional mencakup kegiatan belajar-mengajar (KBM) dan pembinaan mental moral serta kesamaptaan (PMMK). Semua program secara integral diarahkan pada perubahan perilaku peserta didik baik yang beraspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Loading...