Dianggap Baik Bagi Kesehatan, Harga Buah Kurma Merah Mencapai Ratusan Ribu Rupiah Per Kilonya

baik, bagi, kesehatan, per, kilo, kurma, merah, buah, angco, tiongkok, ruthob, ruthab, anggur, kering, kualitas, rasa, tekstur, program, hamil, muda, kandungan, kesuburan, pria, wanita, danBuah kurma merah di atas pohon

Di , beredar merah Tiongkok atau biasa disebut dengan Angco. merah tersebut memiliki nama latin Ziziphus jujuba yang merupakan famili Rhamnaceae. Saat masih segar, ini mempunyai bentuk seperti anggur dengan cokelat atau kemerahan.

Buah tersebut dianggap kaya akan kandungan kalsium dan zat besi yang berperan penting dalam pencegahan dan osteoporosis serta anemia. Selain itu, kurma merah juga dinilai mengandung Vitamin C, membantu mentransfer kelebihan kolesterol di dalam tubuh menjadi asam empedu, sehingga mengurangi kemungkinan terbentuknya batu empedu.

Khasiat kurma merah di Tiongkok sudah dikenal sejak dulu. Masyarakat setempat sering menggunakan dalam sejumlah resep masakan dan obat tradisional. Kurma merah dinilai juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan zat albumin, dan lainnya. jual di pasaran untuk 100 gramnya sekitar Rp 25.000, sedangkan per kilonya bisa mencapai Rp 150.000.

Selain kurma merah Tiongkok atau angco, ada pula kurma ruthob atau ruthab. Kurma tersebut ada yang berwarna merah, hijau, dan kuning, tergantung kurmanya. Harga jualnya terbilang cukup mahal yaitu sekitar Rp 250.000 hingga Rp 360.000 per kilonya. Tekstur dari kurma tersebut renyah seperti tomat merah. Untuk rasanya, tidak terlalu manis dan ada sedikit sepat seperti buah sawo.

Manfaat dari kurma ruthab tersebut dinilai kaya akan mineral yang baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Selain itu, buah tersebut dinilai juga bisa membantu agar tidak terjadi pendarahan pada rahim saat proses melahirkan.

Secara umum, buah kurma dianggap baik bagi kesehatan, tidak hanya bagi wanita, namun juga bagi pria. Dengan mengonsumsi kurma muda, dinilai bisa menjadi salah satu alternatif yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria maupun wanita.

Menurut ahli gizi, Suska Aris S, kurma memang memiliki beragam kandungan yang baik bagi kesehatan. Kurma masak mengandung Vitamin A, serat yang cukup, serta kalium yang dapat mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Kurma juga memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah.

“Bagi perempuan yang hamil, bisa mengonsumsi kurma untuk mencukupi asupan gizinya. Sedangkan kurma muda, kandungannya kurang lebih sama, walaupun mungkin ada zat atau kandungan yang kurang,” ucap Suska.

Ketika ditanya mengenai manfaat kurma muda untuk program hamil, Suska mengatakan bahwa sebenarnya belum ada penelitian yang pasti tentang kurma muda yang bisa meningkatkan kesuburan. Namun, tak ada salahnya mencoba karena kandungan kurma memang baik untuk kesehatan.

“Silakan mengonsumsi kurma muda. Tapi, jangan hanya mengandalkan kurma. Hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas yang Anda konsumsi. Perbanyak makan sayur dan buah, penuhi kebutuhan zat gizi mikro dan makro,” papar Suska.

Menurut alumnus Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Jogjakarta tersebut, sebaiknya program hamil dikonsultasikan dengan dokter kandungan atau spesialis infertility. Sehingga pasangan suami-istri dapat mengetahui dan memastikan penyebab sulit hamil. Kemudian menempuh cara terapi yang sesuai.

Loading...