Dianggap Bagus Untuk Pemula, Ini Harga Biola Cavaliers

Biola - (Sumber: shutterstock.com)Biola - (Sumber: shutterstock.com)

Biola adalah sebuah dawai yang dimainkan dengan cara digesek.

Sebuah nama yang lazim dipakai untuk biola ialah fiddle, dan biola seringkali disebut fiddle jika digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional.
Di dalam bahasa , orang yang memainkan biola disebut biola atau violinis bedakan dengan violis atau pemain viola). Orang yang membuat atau membetulkan alat musik berdawai disebut luthier.

Dibandingkan dengan alat musik yang lain, biola memang salah satu alat musik yang tidak mudah dan memiliki tantangan tersendiri bagi pemainnya, khususnya bagi pemula. Jadi tidak ada salahnya untuk membeli sebuah biola bagi yang ingin serius mempelajarinya.

Dalam beberapa referensi menyebutkan bahwa terdapat beberapa tips untuk membeli sebuah biola, khususnya bagi pemula di mana kebanyakan dari mereka masih bingung untuk menentukan yang bagus. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli salah satu merk biola, diantaranya biola, kualitas kayu, tuning pad, bridge, bow and hairs, merk, dan kelengkapan.

“Inilah yang paling penting karena pemilihan merk biola mempengaruhi, apakah biola buatan lokal ataukah biola impor. Untuk biola impor murah kebanyakan adalah biola buatan China karena harganya murah, di bawah Rp1 juta. Beberapa merk biola rekomendasi buat pemula adalah Cremona dan Cavaliers,” cetus Wisnu Murti dalam blog pribadinya.

Dari data yang kami dapatkan melalui beberapa toko , harga untuk merek biola Cremona ini dibanderol dari kisaran RP1,3 juta hingga Rp17 jutaan. Sedangkan untuk merek Cavaliers Biola 4/4 dijual dari harga Rp900 ribuan.

Biola Cavaliers merupakan biola yang sesuai untuk pemula dengan harga yang relatif murah. Biola ini merupakan impor dengan bahan kayu berkualitas dan berat yang ringan membuat biola ini memiliki kualitas yang baik. Merek biola ini bisa didapatkan di sejumlah toko alat musik dan Gramedia.

Saran standar saat ingin membeli biola adalah beli di toko yang terpercaya. Bukan masalah beli di tempat yang belum punya reputasi, jika memang mengerti biola atau membawa teman yang mengerti biola. Bila tidak, ada baiknya beli di toko yang sudah punya nama. Ini untuk meminimalisir risiko membeli biola yang harganya tidak sesuai dengan kualitas.

Loading...