Deteksi Kelainan Mata Lewat Tes VEP & ERG, Biaya Pemeriksaan Berkisar Ratusan Ribu Rupiah

Biaya Tes VEP ERG

Kelainan atau gangguan pada mata bisa menimbulkan efek yang kurang nyaman pada seseorang, apalagi jika sudah berkaitan dengan saraf. Untuk mengetahui kelainan gangguan saraf mata, biasanya seseorang akan dianjurkan oleh dokter untuk melakukan ERG & EVP (Electroretinography and Visual Evoked Potential). pemeriksaan mata VEP dan ERG biasanya bisa mencapai ratusan ribu .

Pemeriksaan ERG & VEP adalah tes mata untuk mengevaluasi fungsi retina dan hantaran saraf mata. Uji ERG dapat membantu seseorang untuk mendiagnosis yang terjadi pada retina mata. Berdasarkan referensi dari beberapa tahun lalu, biaya pemeriksaan mata VEP & ERG di rumah biasanya berkisar antara Rp 200 ribu hingga Rp 250 ribuan. Biaya VEP & ERG tahun 2017 ini kemungkinan bisa lebih mahal dari referensi tersebut.

Tes satu ini bermanfaat untuk mengetahui seberapa banyak bayi maupun -anak dapat melihat. Pasalnya, terkadang cukup sulit untuk menentukan kemampuan penglihatan bayi dan -anak. Dengan tes VEP dan ERG juga bisa membantu dokter untuk menemukan penyebab mengapa penglihatan seorang bisa menjadi buruk.

Yang lebih memprihatinkan, kalangan bayi dan anak-anak juga bisa berpotensi mengalami katarak layaknya orang-orang lanjut usia. “Faktor besar tetap pada usia. Tapi, ada faktor penyebab lainnya. Kalau katarak pada anak-anak sering disebabkan infeksi sejak dalam kandungan,” kata dr. Dicky Hermawan, SpM, spesialis mata RSUD Dr Soetomo, seperti dilansir Jawa Pos.

Katarak pada bayi atau katarak kongenital adalah keruhnya lensa mata yang terjadi sejak lahir. Jika seorang bayi menderita katarak, maka yang masuk melewati keruhnya lensa mata sinar cahaya akan menjadi tersebar dan objek yang diterima menjadi kabur. Salah satu penanganan katarak kongenital bisa dilakukan dengan prosedur . Namun katarak pada anak lebih kompleks dari lansia.

“Pada pasien anak, prosedur operasi katarak menjadi lebih komplek dibandingkan pasien dewasa/lanjut usia, sehingga prosedur operasi dilakukan dengan anastesi umum untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan operasi,” ujar Dr. Ni Retno Setyoningrum, SpM(K), MmedEdu, spesialis Oftalmologi Pediatrik dan Strabismus.

Sebelum memutuskan untuk menjalani pemeriksa mata VEP dan ERG, pasien sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata. Pemeriksaan ini bisa dilakukan di rumah sakit atau yang memang menyediakan peralatan tes VEP dan ERG.

Loading...