Deteksi Gangguan Lebih Awal, Berapa Biaya USG Perut?

USG Perut - www.dokter.idUSG Perut - www.dokter.id

JAKARTA – Meskipun merupakan salah gangguan yang sering terjadi dan wajar dialami oleh banyak orang, namun atau pada perut juga dapat menjadi pertanda untuk lainnya yang lebih ganas. Karena itu, agar lebih aman, disarankan untuk melakukan USG perut yang bisa dilakukan di rumah sakit atau dengan di kisaran ratusan ribu .

USG perut sering juga disebut dengan USG abdomen. Ini adalah yang digunakan untuk memeriksa organ-organ dalam perut menggunakan sebuah transduser USB (probe) yang ditempelkan erat pada kulit perut. Gelombang suara energi tinggi dari transduser memantul pada jaringan dan membuat gema. Gema ini dikirim ke komputer, yang membuat citra atau yang disebut sonogram.

“Berbeda sakit perut, berbeda pula ciri atau tanda sakitnya. Ada baiknya, untuk mengetahui masalah kesehatan apa yang diderita, biasanya para penderita sakit perut diminta dokter untuk melakukan USG,” jelas Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, spesialis penyakit dalam, dilansir Viva. “Lewat USG, bisa terlihat apakah ada batu empedu atau apakah ada masalah di liver, rahim, pankreas, dan lain-lain.”

USG abdomen ini biasanya diperlukan untuk membantu diagnosis pada kondisi seperti dispepsia (gangguan pencernaan), adanya benjolan yang dapat teraba di daerah abdomen, nyeri yang datang dan pergi, adanya cairan berlebih yang berkumpul di antara jaringan di sekitar abdomen, hati yang tidak normal, tumor, pelebaran pembuluh darah aorta, pembesaran organ, batu pada ginjal, dan lain-lain.

Biaya untuk melakukan USG perut bervariasi, tergantung masing-masing rumah sakit. Di RS Paru Respira Yogyakarta misalnya, menurut situs resminya, biaya USG upper abdomen sekitar Rp150 ribuan, sedangkan biaya USG lower abdomen sebesar Rp125 ribuan. Untuk rumah sakit lainnya, biayanya berada di kisaran Rp200 ribuan sampai Rp500 ribuan.

“Nyeri perut bermacam-macam penyebabnya. Bila memang terjadi pada saat menjelang haid bagi wanita, memang tidak apa-apa. Tetapi, kalau selalu sakit tiap haid, juga harus diperiksa,” sambung dr. Fahrial. “Untuk itu, pentingnya melakukan USG sebagai screening awal untuk penderita nyeri perut yang berulang.”

Loading...