Deteksi Adanya Gangguan Kesehatan, Biaya Hematologi Lengkap Mulai Rp50 Ribuan

Biaya, tes, darah, lengkap, hematologi, BPJS, kesehatan, pemeriksaan, laboratorium, langkah, dokter, pasien, infeksi, leukemia, anemia, sampel, laporan, efek samping, pusing, pingsan, rumah sakit, sel darah putih, sel darah merah, platelet, klaim, risiko, hasil, hasil tes, analisa, jenis kelamin, usia, trombosit, plasma, komponenIlustrasi: tes darah hematologi (sumber: ce.mayo.edu)

Komponen utama adalah sel merah, sel putih, trombosit dan plasma. Setiap gangguan pada komponen ini dan aktivitasnya dapat menyebabkan ketidakseimbangan bisa memicu masalah kesehatan serius. Maka dari itu, sebaiknya kita rutin mengontrol melalui tes hematologi lengkap.

Tes hematologi lengkap adalah darah lengkap meliputi sel darah putih, sel darah merah, dan platelet. ini biasanya termasuk dalam kesehatan. Selain merupakan bagian dari kesehatan rutin, biasanya dapat meminta tes hematologi lengkap untuk mendiagnosis kondisi tertentu seperti infeksi ataupun perdarahan.

Tes hematologi lengkap dilakukan dengan pengambilan sampel darah . Ini dilakukan oleh petugas atau perawat dengan memasukkan jarum pada pembuluh darah lengan. Sampel darah ini kemudian akan diperiksa untuk kemudian dilaporkan sebagai hasil tes.

Pemeriksaan hematologi lengkap diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh dan mendeteksi adanya gangguan kesehatan tertentu seperti infeksi, leukemia, dan anemia. Tes hematologi lengkap juga sering dilakukan guna memantau kondisi pasien setelah menjalani pengobatan.

Hasil tes hematologi lengkap dapat dilihat dari dua kolom, satu adalah rentang referensi, yaitu nilai pemeriksaan normal, dan kolom lain adalah hasil pemeriksaan hematologi lengkap Anda. Jika hasil Anda lebih rendah atau lebih tinggi dari rentang referensi, maka hasil tersebut dapat disebut tidak normal. Meski demikian, angka rentang referensi dapat berbeda karena setiap laboratorium memiliki alat dan cara berbeda untuk menganalisa sampel darah. Selain itu, kadar normal sel darah juga bergantung pada jenis kelamin dan usia.

“Pemeriksaan hematologi lengkap bukanlah pemeriksaan mutlak dalam penegakan . Setelah didapatkan hasil tes hematologi lengkap, dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan tambahan lain untuk menentukan penyakit,” kata dr. Kevin Adrian, dilansir Alodokter.

Tidak ada persiapan khusus untuk melakukan hitung darah lengkap, pasien boleh makan dan minum seperti biasa sebelum hitung darah lengkap dilakukan. Dokter mungkin hanya akan menganjurkan pasien untuk mengenakan baju berlengan pendek atau yang bisa digulung, agar memudahkan pengambilan darah yang biasanya dari lipat siku atau punggung tangan.

Pengambilan sampel darah juga jarang menimbulkan efek samping. Namun tingkat kesulitan pengambilan sampel darah, berbeda pada tiap orang, tergantung pembuluh darah dan bagian tubuh tempat sampel darah diambil. Terkadang, pengambilan sampel darah berisiko menimbulkan hematoma (resapan darah pada kulit), infeksi, perdarahan, serta pusing atau pingsan.

untuk melakukan tes hematologi lengkap cukup bervariasi, tergantung dari yang menyelenggarakannya. Di swasta di Indonesia, biaya tes ini dapat dimulai dari Rp49.000 hingga lebih dari Rp621.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Namun, berdasarkan informasi dari beberapa sumber, tes hematologi lengkap juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan dapat menanggung klaim atas biaya cek darah, jika sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Jika Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan memerlukan pemeriksaan laboratorium, Anda perlu menyiapkan waktu untuk mengikuti langkah-langkah pemeriksaannya.

Loading...