Desain Elegan, Biaya Debat Pilpres 2019 Capai Rp 250 Juta-an

Suasana kekeluargaan di acara debat capres pertama (sumber: detik.com)Suasana kekeluargaan di acara debat capres pertama (sumber: detik.com)

Tahun 2019 merupakan tahun panas di dunia Tanah Air. Pemilihan presiden dan wakil presiden tak lama lagi akan bergulir. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menentukan ajang lima tahunan itu akan digelar sekitar tiga bulan lagi, tepatnya pada 17 April 2019.

Dua pasangan kandidat telah ditetapkan oleh KPU untuk berpartisipasi pada ajang Pilpres kali ini, yakni pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Koalisi-koalisi partai politik telah terbentuk untuk bersama-sama mengusung kedua pasangan tersebut. Tujuannya satu, memenangkan yang diusung pada Pilpres 2019.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kedua kandidat tersebut akan menghadapi debat Pilpres. Debat Pilpres 2019 putaran pertama sudah dilaksanakan pada 17 Januari 2019 lalu di Hotel Bidakara, Jakarta pukul 19.00 WIB. yang diangkat pada Debat Pilpres 2019 putaran pertama adalah hukum, HAM, terorisme, dan korupsi.

Dekorasi pada debat putaran pertama ada yang berbentuk setengah lingkaran, tabung, hingga persegi panjang yang seluruhnya didominasi berwarna merah. Ruang-ruang kecil berwarna putih untuk media official pun telah berdiri di belakang Birawa.

“Gayanya lebih ke elegan, terus dibuat lebih wide gitu biar enggak ada undakan, jadi terlihat rata, jadi antar paslon dengan paslon sama, dan pendukung pun sama,” ucap Faizal Saragih, Set Desain Panggung Debat Perdana capres dan Cawapres 2019, saat ditemui Tribun di Hotel Bidakara, Jakarta.

Untuk desain panggung sendiri Faizal mengaku bila dirinya terinspirasi dari desain panggung yang selama ini dipakai di debat-debat sebelumnya.

Panggung yang berbentuk semi arena ini dijelaskan Faizal akan didominasi dengan tiga warna yakni merah, putih, dan silver. Serta sedikit sentuhan warna emas pada bagian belakang panggung. Pemilihan warna itu menurutnya dipilih pertama karena menggambarkan Indonesia serta untuk menghindari warna-warna partai politik.

“Kita menghindari ke arah sana, kita hilangkan (warna-warna partai politik-red) jadi tiga warna itu yang kita pakai,” kata Faizal.

Nah, saat disinggung mengenai pembuatan panggung, dirinya menyebut panggung yang didirikan di dalam ruangan berukuran 45 × 45 meter itu diperkirakan menghabiskan mencapai Rp 250 Juta. “Panggung sekitar Rp 250 juta, di luar LED, sound system, cuma rigging sama kayu-kayu ini,” katanya kepada Tribun.

Sementara itu, KPU RI telah menyediakan undangan kepada 500 orang. Rinciannya, 100 orang untuk pendukung pasangan calon Jokowi – Maruf Amin, 100 orang pendukung Prabowo – Sandiaga Uno, dan 300 orang undangan dari KPU. “300 orang itu menggambarkan ragam tokoh di Indonesia dengan berbagai latar belakang. Kita mengundang mantan presiden dan mantan wapres, akademisi, duta besar negara sahabat, budayawan, tokoh , tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda,” ujar Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan.

Terkait aturan jalannya debat, Wahyu juga meminta agar tamu undangan yang menjadi penonton langsung debat untuk tidak memberikan komentar selama jalannya debat. “Kita sudah buat aturan, jadi penonton harus tertib, tidak boleh berbicara. Kita berusaha supaya debat itu tetap substansial dan menarik untuk ditonton,” jelas Wahyu.

Loading...