Tidak Pernah Lapor SPT Tahunan? Awas Kena Denda

Lapor SPT TahunanLapor SPT Tahunan

JAKARTA – Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai Wajib (WP), memang diharuskan untuk melaporkan SPT tahunan Anda ke Kantor Pelayanan terdekat di kota atau daerah Anda. Pasalnya, apabila Anda lalai melaporkan SPT tahunan ini, Anda berpotensi mendapatkan administratif dengan besaran minimal Rp100 ribu.

“Berhubung Saudara telah memiliki dan telah dipotong PPh Pasal 21 karena penghasilan Saudara telah di atas PTKP, maka Saudara wajib melaporkan SPT PPh OP ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat paling lama 3 (tiga) bulan setelah akhir tahun pajak,” ujar Fitrah Purnama Megawati dari Citas Konsultan , saat memberikan konsultasi pada seorang WP. “Apabila Saudara terlambat atau tidak melaporkan SPT PPh OP, Saudara akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp100.000.”

Senada, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) DJP Kemenkeu, Hestu Yoga Saksama, juga mengatakan bahwa jika WP terlambat melaporkan SPT tahunan, maka akan ada denda sebesar Rp100 ribu untuk perorangan dan Rp1 juta untuk badan. Denda itu sendiri sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 7 ayat 1 UU No. 28 tahun 2007 tentang Ketentuan Umum Pajak.

Saat ini, melaporkan SPT tahunan sebenarnya semakin mudah. Jika sebelumnya WP harus datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak dan mengisi formulir secara manual, sekarang sudah bisa dilakukan via atau disebut e-filling. Namun, sebelum melakukan e-filing, WP harus mendaftar Electronic Filing Identification Number (e-FIN) ke kantor pajak terdekat agar WP bisa melakukan dengan DJP (Direktorat Jenderal Pajak).

Sayangnya, meski semakin mudah dan praktis, namun tingkat kepatuhan pajak masih terbilang minim, terutama dari kalangan badan atau korporasi. Dilansir Bisnis, untuk SPT tahun 2018 kemarin, DJP terakhir menunjukkan bahwa jumlah WP korporasi atau badan yang lapor SPT sebanyak 347.000 atau cuma 23,6% dari total WP yang lapor SPT sebanyak 1,47 juta.

akan terus mengawasi kepatuhan WP badan. Apalagi, jumlah WP badan tidak terlalu banyak, sehingga memudahkan petugas di KPP mengingatkan WP badannya untuk lapor SPT tahunan,” kata Yoga. “Mereka juga memberikan bimbingan pengisian SPT tahunan WP badan, terutama untuk yang baru terdaftar atau belum pernah lapor SPT.”

Loading...