Telat Lapor SPT Masa? Segini Besaran Denda yang Harus Dibayar

Pembayaran Pajak - turbotax.intuit.comPembayaran Pajak - turbotax.intuit.com

Setiap memiliki kewajiban membayar dengan besaran tertentu. Sebagai wajib , sesuai yang ditentukan dalam Undang-Undang Perpajakan, Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) adalah sarana bagi Wajib untuk melaporkan dan memperhitungkan yang sebenarnya terutang. Apabila telat lapor SPT, biasanya akan dikenai sanksi administratif berupa .

Apabila ditinjau berdasarkan waktu pelaporannya, SPT dibedakan jadi 2 , yakni SPT Masa dengan pajak bulanan dan SPT Tahunan yang laporan pajaknya tahunan. Sebagai , SPT Masa digunakan untuk melakukan pelaporan atas pembayaran pajak bulanan. Misalnya saja untuk PPh pasal 21, PPh pasal 22, PPh pasal 23, PPh pasal 25, PPh pasal 26, PPh pasal 4 (2), PPh pasal 15, PPN dan PPnBM serta pemungut PPN.

Sementara itu, SPT Tahunan digunakan untuk pelaporan tahunan. Setidaknya terdapat beberapa jenis SPT Tahunan, yakni wajib pajak badan dan wajib pajak orang pribadi. Dilansir dari laman Ditjen Pajak, bagi wajib pajak yang terlambat melakukan pelaporan SPT maka akan dikenai sanksi. Misalnya saja untuk telat lapor SPT Masa PPN akan dikenai denda Rp500 ribu dan SPT Masa lainnya dikenai denda Rp100 ribu.

Kemudian, sejak tahun 2008, sanksi untuk keterlambatan lapor SPT Tahunan PPh pribadi ditarik denda sebesar Rp100 ribu dan SPT Tahunan PPh Badan dendanya mencapai Rp1 juta. Adapun untuk keterlambatan bayar, wajib pajak akan dikenai denda sebesar 2% per bulan. “Sanksinya sesuai UU KUP (Undang-Undang Ketentuan Umum dan Cara Perpajakan),” kata Direktur Penyuluhan, , dan Humas Direktorat Jenderal Pajak Hestu Yoga Saksama, seperti dilansir Katadata.

Cara melaporkan SPT dapat dilakukan dengan 3 cara, yakni secara langsung, melalui pos, dan saluran tertentu atau pelaporan secara elektronik. Saluran tertentu yang dimaksud yakni pengisian SPT secara online lewat DJP online atau e-Filing, mengunggah e-SPT ke DJP online, atau memakai e-form. Jika wajib pajak sudah memakai e-Filing pada tahun sebelumnya, maka pelaporan SPT tahun ini pun wajib memakai e-Filing.

Loading...