Kamis Sore, Rupiah Berbalik Merah Jelang Debat Trump-Biden

Rupiah - www.republika.co.idRupiah - www.republika.co.id

JAKARTA – Rupiah harus berbalik melorot ke zona merah pada Kamis (22/10) sore ketika cenderung mengambil sikap wait and see jelang debat terakhir calon presiden AS dan putusan mengenai stimulus AS. Menurut laporan Bloomberg Index pada pukul 14.59 WIB, mata uang Garuda ditutup melemah 27,5 poin atau 0,19% ke level Rp14.660 per AS.

Sementara itu, data yang diterbitkan Bank pukul 10.00 WIB tadi menetapkan kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) berada di posisi Rp14.697 per dolar AS, terdepresiasi 38 poin atau 0,27% dari sebelumnya di level Rp14.658 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mayoritas mata uang Asia juga tidak berdaya menghadapi , menyisakan dolar Taiwan di zona hijau.

Menurut analisis CNBC Indonesia, pelemahan mata uang Benua Kuning dikarenakan saat ini investor cenderung lebih memilih memegang dolar AS menjelang dua momen penting. Pertama adalah debat calon presiden AS yang akan digelar besok pagi waktu Indonesia, dan yang kedua adalah kepastian stimulus fiskal AS yang kabarnya akan gol pada akhir pekan ini.

Reuters juga mengabarkan bahwa dolar AS mengangkangi sebagian besar mata uang utama pada hari Kamis, karena pembicaraan stimulus AS tetap menjadi fokus , dengan perdagangan yang terpukul selama beberapa hari terakhir oleh tingkat kemajuan yang dibuat pada potensial dari paket bantuan. Mata uang Paman Sam terpantau menguat 0,162 poin atau 0,17% ke level 92,773 pada pukul 11.51 WIB.

“Memang masih ada sejumlah pendapat yang berbeda. Namun, kami sudah memasuki tahapan negosiasi yang baru, tinggal mengurus masalah teknis bahasa penyampaian,” tutur Kepala Staf Gedung Putih, Mark Meadows. “Presiden (Donald) Trump juga berkenan untuk mencapai kesepakatan, dan karenanya itu mungkin bisa dicapai dalam hitungan hari.”

Selain itu, juga menunggu debat terakhir antara Presiden Trump dan saingan dari Partai Demokrat, Joe Biden, dengan utama kali ini adalah tombol bisu (mute) untuk memungkinkan setiap kandidat berbicara tanpa adanya gangguan. Debat ini sendiri akan dilaksanakan secara virtual pada hari ini waktu AS atau Jumat (23/10) waktu Indonesia.

Loading...