Daya Tampung Sebanyak 2.314 Kursi, Berikut Besaran Biaya Kuliah ITB Jalur SNMPTN

Biaya, kuliah, ITB, UKT, uang, tunggal, mahasiswa, jalur, SBMPTN, Mandiri, fakultas, institut, teknologi, Bandung, pendidikan, resmi, daya, tampung, universitas, seleksi, pendaftaran,Calon mahasiswa sedang mengerjakan soal SNMPTN (instagram: @infosbmptn)

Ada sekitar 11.519 siswa Jawa Barat yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018. Jumlah tersebut setara dengan sekitar 10,4% dari total peserta yang lulus SNMPTN sebanyak 110.846 siswa. Siswa dari Jabar menduduki peringkat ke-2 terbanyak di bawah Jawa Timur yang meluluskan 14.518 siswa.

Ravik Karsidi, Ketua Panitia Pusat SNMPTN/SBMPTN mengatakan, 10 besar yang menerima siswa terbanyak dari jalur SNMPTN 2018 secara berurutan, yakni Universitas Brawijaya, Universitas Haluoleo, Universitas Diponegoro, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Padang, Universitas Hasanuddin, Universitas Tadulako, Institut , Universitas Negeri Malang, dan Universitas Jember.

Ia menuturkan, siswa yang lulus SNMPTN tahun ini meningkat sebanyak 68.989 siswa dibandingkan dengan tahun lalu. Kendati demikian, secara persentase dari total pendaftar tahun lalu yang sebanyak 517.166 siswa, turun sekitar 1%. Menurut dia, tahun ini sebanyak 586.155 siswa. “Kami bertanggung jawab untuk berusaha menjaga kredibilitas SNMPTN,” ujarnya.

Siswa yang lulus SNMPTN 2018 merupakan siswa yang terverifikasi dalam Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS). Panitia menelusuri data akademik siswa melalui nilai rapor, portofolio surat keterangan tanda lulus. Penelusuran nilai rapor dilihat dari nilai sejak siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas atau kejuruan.

Untuk Institut Teknologi Bandung (ITB) sendiri, pada tahun ini menerima kuota baru yang masuk melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, sebanyak 1.636 kursi. “Untuk tahun ini daya tampung ITB total 3.950 kursi. Jadi dari jalur SNMPTN 60 persen atau 2.314 kursi, dan sisanya 40 persen atau 1.636 kursi dari SBMPTN,” ungkap Rektor ITB Kadarsah Suryadi di Kampus ITB Kota Bandung, yang dilansir dari Antara.

Sedangkan untuk ujian masuk bagi calon dari jalur , kembali ditiadakan ITB. “Seperti tahun lalu, tahun ini kami tidak ada seleksi jalur . Jalur SNMPTN/SBMPTN dianggap lebih kredibel karena berada langsung di bawah pengawasan panitia pusat dan Kemenristekdikti,” imbuhnya.

Lantas, berapa besaran kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang wajib dibayarkan oleh mahasiswa yang lolos seleksi jalur SNMPTN? Di laman resmi ITB sendiri dijelaskan bahwa mulai tahun 2013, ITB menerapkan ketentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa. ITB tidak memberlakukan kebijakan uang pangkal dalam bentuk apapun.

Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di ITB (untuk /sekolah non SBM) adalah sebesar Rp12.500.000 per . Sedangkan biaya pendidikan untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen adalah sebesar Rp20.000.000 per . Bagi para mahasiswa yang memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi kriteria yang ditentukan, disediakan bantuan biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua.

Loading...