Daya Angkut Besar, Berapa Harga Truk Trailer Hino?

Truk Trailer Hino - hinotruk.blogTruk Trailer Hino - hinotruk.blog

JAKARTA – Untuk mengangkut barang dengan yang sangat besar, kebanyakan pengusaha memanfaatkan kendaraan truk trailer atau truk kontainer. Truk ini sendiri punya daya angkut mencapai 30 ton, tergantung jumlah sumbu roda yang digunakan. Di pasaran, truk trailer umumnya menggunakan merek Hino atau merek lain dan ditawarkan dengan mencapai ratusan juta .

Khusus untuk merek Hino, biasanya yang digunakan untuk trailer adalah Hino Ranger. sendiri menyediakan beragam Hino Ranger, mulai Ranger FG, Ranger FM, Ranger FL, hingga Ranger FC. Menurut situs resminya, harga truk Hino Ranger ini berada di kisaran Rp544 juta hingga Rp1,5 miliar (on the road), tergantung .

Memang, harga truk Hino model baru lumayan mahal di kantong. Namun, apabila anggaran Anda terbatas, Anda bisa mencari bekas truk trailer Hino di berbagai situs jual beli kendaraan second maupun situs jual beli online. Truk Hino trailer bekas keluaran 2007 sekarang dengan harga Rp300 jutaan, sedangkan Hino SG260J bekas lansiran 2013 ditawarkan dengan harga Rp440 jutaan. Sementara, model Hino FG235TI edisi 2013 sekarang punya nilai jual Rp500 jutaan.

Meski punya bobot yang sangat berat, terkadang truk trailer ‘mampu’ mengangkat ban ketika berjalan. tersebut dinamakan lift axle, yang memungkinkan as atau poros roda terangkat saat tidak dibutuhkan, misalnya ketika muatan sedang kosong. Dengan mengangkat as roda, ban tidak mengalami kontak dengan tanah, sehingga hambatan gulir makin rendah dan menghemat konsumsi bahan bakar.

“As roda yang diangkat, bukan as yang menggerakkan truk, hanya berfungsi sebagai tandem as saja. Namun, untuk mengangkat as roda ini, diperlukan mekanisme suspensi udara,” tulis Gridoto.com. “Pengemudi atau pengendara bisa mengatur kapan naik dan turunnya as roda menggunakan switch yang biasanya berada di area kontrol kendaraan.”

Loading...