Data Tenaga Kerja AS Rendah, Harga Emas Saat Ini Kian Bersinar

Harga Emas - bisnis.comHarga Emas - bisnis.com

Jakarta – Pada Jumat (7/12), harga emas dan mencapai level tertinggi 5 bulan. Kenaikan harga emas ini terjadi di tengah melemahnya kurs AS akibat data tenaga kerja AS yang lebih rendah dari prediksi .

Seperti dilansir CNBC, harga emas di pasar spot naik 0,86 persen menuju level 1.248,28 per ounce usai menginjak angka 1.245,60 per ounce dalam sesi perdagangan sebelumnya, level tertinggi sejak 13 Juli 2018. Sepekan ini harga emas telah mengalami kenaikan hampir 1,7 persen dan diperkirakan dapat mencatatkan kenaikan terbaiknya sejak pekan 24 Agustus. Sementara itu, harga emas berjangka AS berakhir di posisi 1.252,60 per ounce.

Akibat data tenaga kerja Amerika Serikat yang buruk, maka bisa memperbesar kemungkinan untuk memperlambat kenaikan acuannya tahun 2019 depan. “Data gaji non-pertanian keluar lebih rendah dari yang diharapkan. Ini pilihan negatif yang membuat melakukan hedging lebih banyak ke emas dan kemudian mendorong kenaikan harga emas,” jelas Miguel Perez-Santalla, Vice President Heraeus Metal Management, New York, AS.

Nilai tukar dolar AS dilaporkan melemah terhadap sejumlah mata uang utama pada Jumat usai data pertumbuhan pekerjaan AS melambat pada bulan November 2018 da upah bulanan meningkat kurang dari yang diharapkan. Hal ini menandakan bahwa pertumbuhan ekonomi AS berada pada level moderat.

Senada, harga emas batangan PT Aneka Tambang () Tbk kemarin, Jumat (7/12) terpantau naik sebesar Rp 3.000 menjadi Rp 656 ribu per 1 gram. Data tersebut berdasarkan harga yang berlaku di Butik LM Pulogadung, Jakarta. Harga yang berlaku di butik lainnya kemungkinan bisa berbeda-beda.

Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan Antam hari ini, Minggu (8/12) untuk pecahan 1 gram dijual sebesar Rp 682 ribu per gram, sementara itu harga emas batangan cetakan UBS lebih murah, harga per gramnya Rp 651 ribu per gram. Perlu diketahui bahwa harga emas bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, mengikuti fluktuasi pasar.

Loading...