Data Tenaga Kerja AS Positif, Harga Emas Merosot Selama Sepekan

Harga emas - klikbabel.comHarga emas - klikbabel.com

New York emas merosot setelah dirilisnya laporan Amerika Serikat bulan Oktober 2018 yang ternyata lebih tinggi dari perkiraan. Alhasil harga emas pun mengalami penurunan selama sepekan.

Seperti dilansir Marketwatch, Sabtu (3/11), harga emas untuk Desember 2018 turun 5,30 atau 0,40 persen menjadi 1.233,30 per ounce. Selama seminggu ini harga emas telah melemah 0,2 persen. Emas sempat mencapai level tertinggi dalam 3 bulan dengan mencatatkan kenaikan sebesar 1,9 persen akibat dolar AS yang melemah.

Para analis telah memperingatkan soal menguatnya data tenaga kerja pada Oktober 2018 yang bisa membebani harga emas. Dengan data-data ekonomi AS yang positif diperkirakan dapat mendorong untuk kembali menaikkan suku bunga acuannya.

Menurut data World Gold Council, pembelian emas oleh bank sentral cukup kuat dan ada peningkatan selera tapi pertumbuhan pasokan dan aliran investasi melemah. Analis RBC Capital Markets, Christopher Louney berpendapat bahwa pemulihan kepemilikan emas yang didukung secara fisik naik lebih dari 20 ton selama Oktober.

Sedangkan Direktur BullionVault, Adrian Ash menuturkan, dengan ketidakpastian pada jangka menengah dan pertemuan kebijakan The Fed pekan depan, harga emas diprediksi akan melemah sejenak setelah menguat sejak Januari. “Tetapi peristiwa lebih signifikan untuk harga emas pada pekan depan mungkin Diwali di India. Sekarang negara konsumen logam mulia terbesar kedua itu mencapai permintaan dengan harga mendekati level tertinggi dalam enam tahun,” katanya.

Sementara itu, harga emas PT Aneka Tambang () Tbk hari ini, Sabtu (3/11) terpantau turun sebesar Rp 3.000 dari Rp 677 ribu per gram menjadi Rp 674 ribu per 1 gram. Demikian pula dengan harga pembelian kembali alias buyback, yang sebelumnya tercatat Rp 600 ribu per gram kini hanya sebesar Rp 597 ribu per gram. Sedangkan di , harga emas seberat 1 gram untuk cetakan dijual Rp 701 ribu per gram, sedangkan untuk emas cetakan UBS harganya Rp 671 ribu per gram.

Loading...