Data Pekerjaan AS Solid, Rupiah Tetap Menguat di Awal Pekan

Rupiah - beritakompas.comRupiah - beritakompas.com

Meski data nonfarm terbaru menunjukkan peningkatan, namun rupiah tetap melaju di awal perdagangan Senin (4/6) ini. Seperti dipaparkan Index, Garuda membuka transaksi dengan menguat 26 poin atau 0,19% ke level Rp13.870 per . Sebelumnya, spot sudah ditutup melonjak 97 poin atau 0,69% di posisi Rp13.896 per pada Kamis (31/5) kemarin.

Jumat (1/6) waktu setempat, Biro Statistik AS melaporkan bahwa data nonfarm payroll negara itu naik 223.000 dan tingkat pengangguran turun ke level terendah pada 3,8% di bulan Mei 2018. Sementara, Departemen AS menuturkan bahwa kenaikan upah di negara tersebut juga solid, sehingga membuat potensi kenaikan The Fed bulan ini semakin pasti.

Pergerakan indeks dolar AS pun merangkak naik terhadap sekeranjang mata uang utama, dengan menguat 0,5% menuju level 94,45. Namun, pergerakan tersebut terbilang relatif kecil jika dibandingkan dengan angka lonjakan tenaga kerja AS. Pada Jumat waktu setempat, mata uang Paman Sam hanya naik 0,17 poin di posisi 94,15.

“Tetapi, rupiah masih bisa saja menguat pada perdagangan hari ini,” ujar Head of Economics & Research Finance and Corporate Service UOB, Enrico Tanuwidjaja, seperti dikutip Kontan. “Penguatan rupiah disebabkan oleh dolar AS yang masih rawan mengalami koreksi, selain meredanya konflik politik di Italia, sehingga kembali yakin untuk berinvestasi pada aset emerging market seperti rupiah.”

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan bahwa kepercayaan investor menguat terhadap ketahanan rupiah dalam menghadapi berbagai gejolak global dalam beberapa pekan terakhir. Menurutnya, investor asing kembali masuk ke SBN (Surat Berharga Negara). Sebelumnya, bank sentral telah menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin pada 30 Mei kemarin.

“Kami akan pastikan BI akan pre-emptive, front loading, ahead the curve, untuk merespon perkembangan indikator domestik dan luar negeri,” tegas Perry. “Dari konsistensi ini, pembelian SBN kembali cukup besar, saham membaik, serta kepercayaan diri investor tumbuh kembali. Itu sebagai wujud komitmen kami yang memang direspon positif oleh pelaku .”

Loading...