Data Pekerjaan AS Positif, Harga Emas Saat Ini Meredup

Harga Emas - uangteman.comHarga Emas - uangteman.com

Jakarta – Pada Jumat harga emas mengalami penurunan sebesar 2 persen dan merupakan penurunan mingguan pertama selama 7 pekan. Pelemahan harga emas ini terjadi usai dirilisnya pekerjaan Amerika Serikat yang membaik pada periode bulan Juni 2019.

Data ekonomi yang membaik ini sekaligus menekan ekspektasi adanya penurunan acuan dari Federal Reserve sehingga turut menyeret harga emas untuk turun. Dilansir CNBC melalui Liputan6, harga emas di spot turun 1,2 persen ke level USD 1.398,39 per ounce usai mencapai level terendah di angka USD 1.386,52 pada sesi perdagangan sebelumnya.

Harga satu ini telah mencapai penurunan mingguan sekitar 1 persen, yang merupakan terbesar sejak pertengahan April. Sementara itu, harga emas berjangka AS turun 1,4 persen jadi USD 1.400,90 per ons.

Sebagai , data non-farm payrolls mengalami peningkatan sebesar 224 ribu pekerjaan pada bulan lalu, angka terbesar dalam 5 bulan belakangan. Menurut para ekonom yang disurvei oleh Reuters, data non-farm payrolls diprediksi hanya tumbuh sebesar 160 ribu pekerjaan saja. “Data pekerjaan AS mendorong semua tekanan pada harga emas sekarang. Angka-angka penggajian menghancurkan semua harapan. Itu dapat mengurangi urgensi untuk pemotongan Fed pada bulan Juli,” ujar Chris Gaffney, president world markets TIAA Bank.

Di sisi lain, AS juga tengah menguat ke level tertinggi dalam 2 pekan terhadap sejumlah mata uang utama, sehingga harga emas pun semakin tertekan. Meski demikian, prospek harga emas dinilai masih positif karena pekan lalu mencapai level tertinggi dalam 6 tahun di posisi USD 1.438,63 per ons dan saat ini masih ada di kisaran yang sama. “Emas kemungkinan akan menemukan pembeli karena perlambatan pertumbuhan global akan membuat permintaan kuat untuk emas,” papar Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk menurut data terakhir pada Jumat (5/7) kemarin terpantau turun Rp 2.000 menjadi Rp 709 ribu per 1 gram dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga turun sebesar Rp 2.000 ke angka Rp 638 ribu. Di Pegadaian harga emas cetakan Antam hari ini, Minggu (6/7), seharga Rp 740 ribu per gram dan cetakan UBS Rp 708 ribu.

Loading...