Data Pekerjaan AS Melambat, Harga Emas Kian Bersinar

Harga Emas - ekbis.sindonews.comHarga Emas - ekbis.sindonews.com

emas dilaporkan mengalami kenaikan sebesar 1% ke level tertinggi pada April 2018. Kenaikan logam mulia ini didorong oleh data pekerjaan Amerika Serikat yang melambat sehingga menahan laju indeks . Hal itu pula yang sekaligus memunculkan ekspektasi bahwa akan memangkas suku bunga acuannya pada tahun 2019 ini.

Tak cukup sampai di situ, harga emas pun didorong oleh kekhawatiran bahwa kondisi perang antara dengan Meksiko dan China juga akan memperlambat global. Seperti dilansir Reuters melalui Liputan6, Sabtu (8/6), harga logam mulia dilaporkan naik lebih dari 2,5% pada pekan ini. Harga emas di pasar spot 0,4% lebih tinggi ke level USD 1.339,97 per ons usai sebelumnya menginjak level tertinggi di harga USD 1.348,08. Sedangkan harga emas berjangka AS juga menguat 0,3% menjadi USD 1.346,10 per ons.

Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat melaporkan bahwa pertumbuhan pekerjaan melambat secara tajam pada bulan Mei 2019 dan upah naik kurang dari harapan. “Jumlah pekerjaan di AS lebih lemah dari yang diharapkan dan itu mendorong pasar emas melaju. Itu memberi bulls teknis momentum,” jelas Jim Wyckoff, Analis Senior Kitco.

Para pelaku pasar pun memprediksi jika akan mulai menurunkan suku bunga acuannya segera setelah Juli 2019 dan 2 kali lagi sebelum akhir tahun. Adapun suku bunga yang lebih rendah akan meningkatkan harga emas dengan mengurangi peluang bagi investasi lain dan melemahkan yang jatuh ke level terendah dalam 2-1/2 bulan usai data pekerjaan AS dirilis.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk berdasarkan data terakhir tanggal 28 Mei 2019 lalu terpantau turun Rp 3.000 menjadi Rp 662 ribu per gram dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga turun Rp 3.000 menjadi Rp 587 ribu per 1 gram. Sedangkan harga logam mulia emas cetakan Antam di Pegadaian harga per gram-nya berada di angka Rp 696 ribu, sedangkan untuk cetakan UBS dijual seharga Rp 668 ribu per gram.

Loading...