Data Pekerjaan AS Lesu, Harga Emas Berhasil Curi Momentum untuk Naik

Harga emas - okezone.comHarga emas - okezone.com

berjangka mencatat keuntungan pertama dalam 3 sesi di akhir pekan ini. Rupanya hal tersebut diakibatkan oleh rilis Amerika Serikat, terutama pada sektor tenaga kerja. Harga emas dilaporkan naik USD 4 atau 0,3 persen menjadi USD 1.205,60 per ounce. Berdasarkan kontrak paling aktif, harga emas terpantau meningkat 0,8 persen pada pekan ini.

Dari sektor ekonomi, pada September 2018 tercatat adanya 134 ribu pekerjaan baru di . Padahal menurut yang dilakukan Marketwatch, pasar mengharapkan adanya kenaikan sebesar 168 ribu pekerjaan. Akan tetapi revisi yang kuat dan data pekerjaan baru pada bulan-bulan sebelumnya berhasil mendorong tingkat pengangguran turun ke 3,7 persen, level terendah sejak tahun 1969 silam.

“Data ini menjadi momen penting untuk pasar. Angka pendapatan rata-rata per jam tidak terlalu mengecewakan dan terlepas dari gaji non sektor pertanian. Ini sama sekali bunga sinyal ekonomi juga,” kata Ekonom Oanda Stephen Innes untuk Asia Pasifik, seperti dilansir Marketwatch.

Naiknya harga emas juga ditengarai akibat pelemahan indeks AS yang turun tipis kurang dari 0,1 persen menjadi 95,69 setelah mencapai level terendah 95,51. “Tidak mungkin AS akan mendapatkan momentum signifikan karena pedagang akan lebih cenderung mengambil keuntungan dari AS. Saya fokus pada minggu depan ketika China kembali terutama eskalasi kebijakan perdagangan China-AS. Perang dagang mungkin mengubah permainan lebih signifikan untuk pasar mata uang dari pada hasil gaji non sektor pertanian,” jelas Innes.

Tak jauh berbeda, harga emas logam mulia PT Aneka Tambang (Antam) Tbk juga terpantau naik pada perdagangan hari ini, Sabtu (6/10). Harga emas Antam berdasarkan data di Butik Antam Pulogadung terpantau naik Rp 5.000 dari Rp 666 ribu per gram menjadi Rp 671 ribu per 1 gram. Pada Jumat (5/10) kemarin, harga buyback atau pembelian kembali emas Antam berada di posisi Rp 583 ribu per gram.

Sementara itu, harga emas batangan cetakan Antam untuk pecahan 1 gram dibanderol di angka Rp 686 ribu per gram. Di Pegadaian juga tersedia emas batangan dalam pecahan paling besar, yakni 1000 gram atau 1 kg dengan harga mencapai Rp 615.492.000 pada hari ini.

Loading...