Dapat Menyebabkan Bau Mulut Tidak Sedap, Berapa Biaya Membersihkan Karang Gigi (Scaling) di Puskesmas

Pembersihan Karang GigiPembersihan Karang Gigi

Memiliki masalah karang memang membuat minder atau tidak percaya diri. Karena karang dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Selain itu juga membuat tampilan terlihat kuning. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang yang pergi ke sejumlah pusat kesehatan, termasuk Puskemas, guna membersihkan karang atau scaling.

Karang gigi sendiri adalah plak yang mengeras pada gigi. Karang gigi tersebut bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Penyebab munculnya karang gigi bisa berasal dari sisa-sisa makanan yang tertinggal dan tidak segera dibersihkan.

Karang gigi memberi plak area luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan menjadi lebih lengket. Hal tersebut tak menutup kemungkinan akan menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi seperti radang gusi. “Karang gigi itu kan berkumpulnya bakteri yang menghasilkan toksin, nah toksin itulah yang sangat berbahaya buat gusi dan jaringan tulang pendukung gigi di bawahnya,” ungkap Ratu Mirah Afifah, gigi dan Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions, Yayasan Unilever , dilansir dari Dream.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa gusi dan tulang pendukung itu dapat diibaratkan sebagai sebuah fondasi. Maka ketika ada karang gigi dan bakteri terus-menerus dibiarkan, akan menimbulkan infeksi di gusi, yang disebut dengan gingivitis.

“Ketika gingivitis, gusi itu bisa berdarah, terus bau mulut, tapi masih bisa disembuhkan. Tapi kalau tidak dibersihin juga, namanya jadi periodontitis. Jadi bukan cuma gusi aja yang bengkak, tapi di jaringan tulang pendukungnya juga, gigi pun jadi goyang dan bisa tanggal tiba-tiba,” tuturnya

Apabila masih berbentuk plak, karang gigi masih lunak dan masih bisa dibersihkan dengan sikat gigi. Namun jika didiamkan dalam waktu yang lama, maka ia akan menumpuk dan tidak bisa lagi dibersihkan dengan menggosok gigi, harus dengan gerakan mekanis ke dokter gigi.

Karang gigi perlu dibersihkan 6 bulan sekali. Adalah waktu yang tepat untuk sekaligus pergi ke dokter gigi dan kontrol gigi. Pembersihan karang gigi dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, di mana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian, alat ultrasonic ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar.

pembersihan karang gigi cukup bervariasi karena tidak ada suatu standar mengenai hal ini. perawatan gigi di Puskesmas dianggap lebih rendah apabila dibandingkan dengan sakit atau klinik pribadi namun tidak semua Puskesmas menyediakan pembersihan karang gigi. Di sejumlah Puskemas yang melayani scaling, dengan murah mulai dari Rp80 ribuan hingga Rp100 ribuan.

Loading...