Dapat Menunjang Kesuburan Tanah, Harga Dolomit Cair Dibanderol Rp 80 Ribuan

Harga Dolomit Cair - www.bukalapak.comHarga Dolomit Cair - www.bukalapak.com

Dalam menunjang sektor , bukan bibit saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga kesuburan . mendorong pemanfaatan suboptimal untuk mendukung pangan dengan perluasan area tanam masam dengan mengoptimalkan kesuburan lewat penggunaan dolomit.

Menurut dosen Universitas Brawijaya Malang, Setyono Yudo Tyasmoro, dolomit sangat memungkinkan untuk menyuburkan lahan masam atau lahan baru. “ dolomit pada lahan bukaan baru yang ideal 4 ton/ha. Peningkatan kesuburan tanah tentu akan berbanding lurus dengan peningkatan produksi dan kesejahteraan petani,” ujar Setyono, seperti dilansir Kontan.

Lahan bukaan baru dari lahan masam dan marginal umumnya memiliki kondisi tingkat keasaman tanah sekitar pH 4,0-5,0. Sedangkan tanaman umumnya butuh kondisi keasaman ideal pada pH 6,0-6,5. “Untuk mengatasi keasaman tanah dibutuhkan aplikasi dolomit. Sebab, pupuk dolomit tidak hanya mengandung kapur, tapi juga mengandung unsur Magnesium yang cukup tinggi. Selain itu dolomit perlu diaplikasikan pupuk raw phosphate dan bahan organik,” sambung Kepala Balai Tanah, Balitbang Pertanian, Husnain.

Dolomit disebut-sebut sebagai pupuk yang mempunyai kandungan hara kalsium (CaO) dan magnesium (MgO) tinggi dan bermanfaat untuk pengapuran tanah masam serta sebagai pupuk bagi tanah dan tanaman yang berfungsi menyuplai unsur kalsium dan magnesium untuk kebutuhan tanaman. Kegunaan pupuk satu ini cukup banyak, mulai dari menetralisir pH tanah, memperbaiki struktur tanah, mengaktifkan fungsi pupuk kimia dan organik yang tak bisa diurai di dalam tanah secara semestinya, hingga untuk kesuburan tanah.

Dolomit cair tersedia dalam beberapa varian, yakni Dolomit Cair Plus kemasan botol isi 1 liter yang dengan sekitar Rp 80 ribuan hingga Rp 82.500 per botol dan varian Dolomit Cair Trove 1.000 ml yang harganya relatif lebih murah, berkisar Rp 53.500 per botol.

Cara aplikasi Dolomit cair pun cukup mudah, bisa dicampur air dengan perbandingan 1 : 80. Lalu disemprotkan atau dituangkan ke tanaman yang hendak disuburkan. Dosis atau aturan pakainya sekitar 5-8 liter untuk lahan 1 hektar, penyemprotan ke lahan 200 cc per tangki (17 liter), sedangkan penyemprotan ke tanaman dosisnya 50-100 cc per tangki.

Loading...