Dapat Fasilitas Menginap di Hotel, Biaya Haji Plus Maktour Travel Dibanderol Mulai Rp 289 Jutaan

biaya, haji, plus, maktour, travel, paket, jemaah, tahun, 2017, 2018, empat, pilihan, makkah, madinah, hotel, fasilitas, jumlah, kapasitas, tenda, mina, fungsi, toilet, pemerintah, indonesia, pihak, tourSalah satu bentuk ibadah para jemaah haji (sumber: seekershub.org)

Setiap tahunnya, pemerintah Indonesia memberangkat para jemaah haji, baik yang reguler (biasa) maupun plus. Pada tahun 2018, pemerintah memberangkatkan sekitar 221 ribu jemaah haji melalui program Ongkos Naik Haji (ONH) biasa dan ONH Plus.

Akan tetapi, kapasitas dan ketersediaan tenda di Mina, agaknya masih kurang untuk menampung jumlah jemaah. “Mabit (bermalam) di Mina, sesuai dengan ketentuan pemerintah satu jemaah mendapatkan 1,5 meter (tempat untuk tidur). Dengan keadaan penambahan kuota, space itu tidak bisa terlaksana,” kata Kepala Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji 2018, Endang Jumali.

Untuk jemaah Indonesia, tenda sengaja tidak diberi kasur atau ranjang agar bisa memuat orang lebih banyak. Para jemaah pun tidur beralaskan karpet atau sajadah. Berbeda dengan jemaah negara lain, seperti Inggris, yang diberikan satu kasur dan satu bantal untuk beristirahat di dalam tenda di Mina.

Selain fasilitas tidur, lain yang disoroti adalah kelengkapan dan fungsi toilet. Kedua indikator itu menurun pada tahun 2017. “Kondisi sekarang toilet belum ideal, tetapi itu bukan hanya jemaah Indonesia yang merasakan minim toilet, melainkan jemaah semua negara. Ini karena wilayah Mina yang diapit dua bukit, cekung dan terbatas,” kata Endang.

Saat ini, pemerintah Indonesia berupaya untuk menambahkan toilet termasuk bentuk toilet portable. Walaupun fasilitas mungkin belum cukup memadai, tetapi karena ibadah haji merupakan ibadah wajib, maka tidak mengurangi jumlah jemaah yang berangkat setiap tahunnya.

Salah satu biro travel yang melayani ibadah haji termasuk haji khusus yaitu Maktour Tour & Travel. Untuk paket haji plus 2018, ada empat pilihan paket beserta biayanya. Biayanya mulai Rp 289 jutaan, yaitu Paket Al Fath dibanderol biaya USD 20.000. Lalu, ada paket Al Hidayah USD 32.500 (sekitar Rp 469 jutaan), An Nur USD 26.250 (sekitar Rp 379 jutaan) dan USD 27.500 (sekitar Rp 397 jutaan). program itu mengikuti tahun keberangkatan.

Para jemaah haji khusus akan diberikan fasilitas menginap di Dar Al Tahwid Hotel di Makkah, di Madinah di Hilton Hotel, dan Jeddah menginap di Hotel Intercontinental. perjalanan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan, oleh karena itu sebaiknya Anda menghubungi pihak travel.

Setiap tahunnya, Maktour berusaha untuk meningkatkan layanan haji plusnya. Dikatakan oleh Rocky, Direktur Operasional Maktour, perusahaan setiap tahunnya meningkatkan kualitas layanan bagi jamaah. Bahkan, pihak travel sudah melengkapi jemaahnya dengan gelang pendeteksi lokasi.

Namun, menurut Rocky, gelang tersebut akan lebih bermanfaat bagi jamaah haji reguler mengingat lokasi mereka yang dibagi dalam kelompok-kelompok. Sedangkan haji plus biasanya berada di satu hotel. “Sudah berjalan setahun, sangat bagus, mudah dikontrol. Kalau sesuatu terjadi, bisa langsung ditangani,” ujarnya.

Untuk itu, Rocky menyarankan, sesampainya di Tanah Suci, jamaah sebaiknya melakukan kembali manasik haji. Travel hendaknya menanyakan kepada jamaahnya apakah materi yang diberikan sudah cukup atau ingin diulangi lagi. “Harus kontinyu, mungkin ada yang belum lancar, namun dengan catatan harus memperhatikan kondisi fisik jamaah,” katanya.

Loading...