Dapat Dilakukan di Klinik Atau Rumah Sakit, Biaya Membersihkan Plak Gigi Berkisar Rp 400 Ribuan

biaya, membersihkan, plak, gigi, karang, dental, calculus, gusi, berdarah, menyikat, rutin, 6, bulan, 3, dokter, rumah sakit, kisaran, murah, mahal, mulut, permukaan, bakteri, sisa, makanan, enzimPemeriksaan gigi di klinik

Anda sering atau pernah menderita berdarah? Hal itu mungkin disebabkan karena peradangan atau disebut dengan gingivitis.

“Penyebab gusi meradang adalah kurangnya menjaga kebersihan area rongga mulut, banyak sisa makanan yang menempel, sehingga menyebabkan bakteri senang berkumpul di area mulut yang kotor,” jelas drg. Melisa yang praktik di Thamrin Residence Jakarta dan di Bogor Dental Care.

Sisa makanan yang melekat dan bercampur dengan air liur dan bakteri itulah yang menyebabkan terjadinya . “ yang dibiarkan akan menjadi karang . Semakin banyak plak dan karang , maka akan semakin mudah berdarah gusinya,” tambah drg. Melisa.

Plak akan menjadi ‘matang’ setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali, dan mengandung material organik seperti lemak, protein dan enzim serta material organik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor. Selain bisa menyebabkan gusi berdarah, plak yang menumpuk juga bisa membuat gusi bengkak.

Selanjutnya, jika tidak ditangani, maka dapat menyebabkan bau mulut karena plak akan diolah oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur yang menjadi penyebab bau mulut tidak sedap.

Jika Anda merasa sudah rutin menggosok gigi, tetapi masih menemukan adanya plak pada gigi, mungkin ada yang perlu dibenahi dari cara menyikat gigi. Hal itu diungkapkan oleh Jessica Hilburg, bedah gigi dan dekan klinis di New York University College of Dentistry.

“Ada satu bagian penting dari mulut yang diabaikan oleh banyak orang saat menyikat gigi, yaitu permukaan gigi yang menghadap lidah dan langit-langit mulut. Itulah alasan mengapa walaupun sudah sikat gigi 2 kali sehari, plak di gigi tetap muncul dan mengeras.” ujar Jessica.

Apabila plak pada gigi tidak dibersihkan, maka perlahan akan mengeras kemudian menjadi karang gigi (dental calculus). Karang gigi tidak bisa hanya dibersihkan dengan menyikat gigi, tetapi dengan cara penggunaan alat scaler ultrasonik atau hand instrument.

“Maka cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah gusi atau gigi adalah dengan rutin membersihkan karang (plak) gigi setiap 6 bulan sekali,” saran drg. Melisa.

Saran tersebut berlaku untuk keadaan susunan gigi normal. Namun, apabila ada kelainan susunan gigi, misalnya gigi renggang atau bertumpuk (lebih cepat terbentuk karang gigi), maka pembersihan karang gigi bisa dilakukan 3 bulan sekali. Pembersihan karang gigi sendiri bisa dilakukan sehari langsung pada satu kali kunjungan. Lama pembersihannya tergantung banyak sedikitnya karang gigi. Biasanya sekitar 30 menit. Tetapi, waktunya bisa menjadi lebih lama jika pada kasus karang gigi yang terlalu banyak (biasanya pada pasien perokok berat).

Untuk kisaran membersihkan plak (karang) gigi di setiap atau bisa berbeda. Tetapi, sebagai gambaran, kisaran biayanya sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 600 ribuan. Dengan kisaran tersebut, masih terdapat kemungkinan biaya pembersihan plak gigi yang lebih murah atau bahkan lebih mahal.

Loading...