Dapat Dijadikan Peluang Bisnis, Harga 1 Kg Sarang Walet Terbilang Mahal

harga, 1, kg, sarang, walet, jenis, mangkok, patahan, sudut, burung, khasiat, kesehatan, air, liur, ekspor, ke, china, daerah, kalimantan, selatan, sampit, rumah, per, Hongkong, negara, tahun, 2015, 2016, 2017, 2017, maret, tahun, baruSalah satu spesies burung walet (sumber: steemit.com)

Burung dikenal tidak dapat berkicau merdu seperti burung perkutut atau lainnya. Walaupun begitu, burung berukuran kecil, berbulu coklat, dengan panjang tubuh sekitar 9 cm itu ternyata bisa menjadi sumber untuk meraup untung hingga ratusan juta . Semua ini didapat dari air liur burung walet yang bisa berubah menjadi burung walet.

Di dalam tenggorokan burung walet terdapat air liur yang dinamakan glandula. Air liur ini awalnya berbentuk cairan kental, tapi dalam waktu beberapa jam, air liur yang sudah dirajut mirip mie hun tersebut akan mengering dan keras. Jika sudah keras, dalam waktu 8 minggu, sarang burung walet akan berbentuk seperti mangkok.

Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui adanya manfaat dari sarang burung walet yang baik untuk . Dalam sebuah penelitian di Chinese University Hong Kong menyebutkan bahwa sarang burung walet mengandung glikoprotein yang merupakan unsur penting untuk kekebalan tubuh dan metabolisme.

Walaupun terbuat dari air liur, ternyata harga sarang burung walet bisa dikatakan mahal. Pada bulan Mei 2017 terpantau harga sarang walet (mentah) mencapai Rp 8 juta sampai Rp 12 juta per 1 kg.

Kemudian, menjelang Tahun Baru Imlek, harga sarang burung walet biasanya akan melonjak tajam. Diprediksi harga sarang walet akan terus naik seiring dengan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Biasanya dalam 1 kg sarang walet terdiri 120 keping mangkok dengan bobot 8 gram sampai 10 gram per sarang.

Sementara itu, di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, harga sarang burung walet mengalami kenaikan setelah turun pada saat sebelum tahun baru 2018. “Naiknya harga sarang burung walet ini tentunya disambut gembira oleh para dan pembudidaya sarang burung walet di daerah ini. Sebelumnya sempat anjlok harganya,” ujar Muslih, salah seorang pembudidaya di Muara Teweh.

harga, 1, kg, sarang, walet, jenis, mangkok, patahan, sudut, burung, khasiat, kesehatan, air, liur, ekspor, ke, china, daerah, kalimantan, selatan, sampit, rumah, per, Hongkong, negara, tahun, 2015, 2016, 2017, 2017, maret, tahun, baru

Sarang burung walet (sumber: hellonests.com)

Menurutnya, harga sarang burung walet jenis mangkok untuk sebelumnya Rp 9 juta per kg, naik menjadi Rp 13-14 juta. Untuk jenis patahan juga naik dari sebelumnya Rp 7 juta naik menjadi Rp 12 juta. Dan, jenis sudut naik dari Rp 7 juta menjadi Rp 9-10 juta per 1 kg.

Di daerah lain seperti Sampit, Kalimantan Selatan, pada Maret tahun 2018, harga per kg sarang burung walet dijual Rp 13,5 juta. Menurut penjual sarang burung walet, Yanto, mengatakan bahwa harga itu untuk sarang kualitas terbaik yaitu sarang burung walet mangkok.

Sedangkan, untuk sarang burung walet jenis sudut dijual Rp 11,5 juta per kg. Dan, untuk sarang burung walet jenis patahan dijual Rp 10 juta/kg. Walaupun terbilang mahal, tetapi nominal itu dinilai menurun.

Yanto sendiri belum mengetahui secara pasti apa penyebab penurunan harga jual sarang burung walet. “Untuk harga sarang burung walet sulit diprediksi. Terkadang naik dan terus naik dalam waktu cukup lama. Tetapi, kalau turun juga biasanya cepat,” ujarnya.

Ia menduga bahwa tidak tentunya harga jual sarang burung walet merupakan permainan pengumpul. Di Kalimantan Selatan, sentra penghasil sarang burung walet ada di Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Di Indonesia, sarang Walet tidak semuanya dikonsumsi melainkan dijual untuk negara-negara tetangga. Konsumen utama sarang walet dari Indonesia adalah China. Sebagian besar sarang walet Indonesia diekspor ke China. Pada bulan Januari 2017, volume ekspor sarang burung walet ke China senilai 7,5 juta dolar AS, kata Ir. Banun Harpini, Kepala Badan Karantina kementerian Pertanian.

Indonesia berpeluang menggenjot ekspor sarang burung walet ke China di tahun 2018. Hal ini karena hasil audit Badan Administrasi Registrasi, Sertifikasi, dan Akreditasi China (CNCA) pada Desember 2017 lalu menambah 10 sarang walet negara Indonesia yang bisa langsung ekspor ke negeri tembok raksasa itu.

harga, 1, kg, sarang, walet, jenis, mangkok, patahan, sudut, burung, khasiat, kesehatan, air, liur, ekspor, ke, china, daerah, kalimantan, selatan, sampit, rumah, per, Hongkong, negara, tahun, 2015, 2016, 2017, 2017, maret, tahun, baru

Sarang walet bersih siap dikonsumsi (sumber: Bukalapak)

Perkumpulan Pengusaha Sarang Burung Indonesia (PPSBI) mencatat, ekspor sarang walet Indonesia ke China pada 2015 sebanyak 14 ton. Ekspor meningkat menjadi 22 ton di 2016 dan melonjak jadi 52 ton pada 2017.

China baru memberi izin kepada perusahaan Indonesia mengekspor sarang walet mulai 2015. Sebelumnya, ekspor sarang burung bernama Latin Collocalia vestita ini harus melalui negara lain. Hingga tahun 2017, hanya terdapat delapan perusahaan Indonesia yang mengantongi izin ekspor sarang walet ke China.

“Tahun 2018, eksportir menjadi 18, diharapkan bisa memperbesar sarang burung walet ke China, tumbuh 10 persen dari tahun lalu (2017),” ujar Ketua Umum PPSBI Boedi Mranata dalam Musyawarah Nasional PPSBI.

Kementerian Pertanian menunjukkan tentang total ekspor sarang walet pada 2015 sebesar 700 ton, naik jadi 769 ton di 2016 dan 1.053 ton di 2017. Ekspor sarang walet ke China masih terbilang kecil dibanding negara lain. Adapun ekspor terbesar adalah ke Hong Kong di tahun 2017 yang mencapai 300 ton.

PPBSI berharap, pemerintah menciptakan tata niaga ekspor sarang walet untuk mendukung peningkatan ekspor sarang walet ke China. Hal itu karena China menerapkan standar ketat. Dapat diambil contoh di antaranya pemenuhan sertifikat ketelusuran, standar kebersihan dengan kandungan nitrit di bawah 30 part per million (ppm), serta sarang walet telah diproses melalui pemanasan 70 derajat celsius selama 3,5 detik.

Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini menyatakan bahwa lembaganya siap mendukung pengembangan ekspor sarang walet ke China. Sebab, harganya tinggi, mencapai US$ 1.000–US$ 2.000 per kg. Badan Karantina akan mempermudah pendaftaran rumah walet guna membantu sertifikat ketelusuran.

Loading...