Daging Lebih Tebal & Gurih, Berapa Harga Jual Bibit Ikan Nila Nirwana 3?

Ikan Nila - nuansatani.com

Tingginya angka ikan di Indonesia rupanya membuat banyak orang tertarik untuk menekuni ikan laut maupun ikan tawar. Untuk ikan tawar, beberapa orang biasanya lebih memilih beternak ikan yang relatif lebih mudah dikembangbiakkan seperti ikan nila. Beberapa pembudidaya kini mengaku lebih senang beternak ikan nila nirwana 3 meski jual bibit nila nirwana 3 relatif lebih mahal dari benih ikan nila lainnya.

Berdasarkan penelusuran di situs jual-beli, harga jual bibit nila nirwana 3 berkisar mulai Rp 1.000. Penjual biasanya menyediakan bibit mulai dari 2-3 cm sampai sangkal. Sebagai informasi, ikan nila nirwana III adalah varietas nila hasil pemuliaan Balai Pengembangan Budidaya Ikan Nila dan Mas (BPBINM) Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat.

Pertumbuhan nila nirwana 3 untuk konsumsi kabarnya lebih cepat, hanya 3-4 bulan untuk dapat mencapai bobot konsumsi 300-500 gram per ekor pada pemeliharaan di karamba jaring apung dan kolam air deras. Perhitungan tersebut untuk ukuran benih 8-12 cm saat penebaran dan populasi 100-200 ekor per meter persegi (m2). Sementara itu, ikan nila jenis lain lama budidayanya sekitar 5-6 bulan untuk bisa mencapai bobot, ukuran, dan padat tebar yang sama. Dengan demikian tentunya bisa lebih menghemat pakan.

Pemulia nirwana III, Dr. Alimudin menjelaskan jika pertumbuhan nila generasi baru yang dirilis pada tahun 2016 lalu ini sekitar 30-32% lebih cepat dibandingkan generasi nila nirwana II sebelumnya. Alimudin juga menambahkan jika sumber genetik baru nila tersebut dari ikan nila asal Kenya dan genomar asal Norwegia. “Tujuannya mempercepat pertumbuhan sehingga lebih cepat panen dan menghasilkan ikan berukuran lebih besar,” jelas Alimudin, seperti dilansir Trubus.

Ikan nila nirwana III memiliki ciri khas ukuran kepalanya yang relatif kecil dengan tubuh melebar ke atas. Karakteristik tersebut membuat tampilan ikan nila nirwana 3 sepintas lebih kecil, padahal jenis ini memiliki keunggulan daging di belakang kepala atau punggung lebih tebal, sehingga persentase karkasnya pun lebih tinggi dari nila lainnya. Berdasarkan uji kualitas daging, nila nirwana 3 memiliki kandungan protein sebesar 85,72%, lemak 2,52%, bahan ekstrak tanpa nitrogen 6,67%, dan abu 5,09%. Tak heran bila citarasa dagingnya pun cukup gurih.

Loading...