Cukup Menjanjikan untuk Dibudidayakan, Harga Ikan Gurame Putih Bisa Capai Ratusan Ribu Rupiah

Ikan Gurame Putih - bahasikan.comIkan Gurame Putih - bahasikan.com

atau varietas ikan gurame memang cukup banyak, ada gurami soang alias swan yang cukup disukai sebagai gurame konsumsi, hingga gurame putih Padang atau gurame albino yang justru banyak dipelihara sebagai ikan hias oleh para penghobi. Berbeda dari gurame konsumsi yang sisiknya cenderung kehitaman, tubuh gurame putih ternyata berwarna cenderung putih bernuansa sedikit oranye. Dibandingkan gurame konsumsi, ikan gurame putih ternyata justru relatif lebih mahal, bisa mencapai Rp 350 ribu untuk indukan gurame albino Padang.

“Gurame padang punya daya pikat dari segi warna, putih dan orange. Struktur tubuhnya bagus dan yang paling penting ketahanannya lebih kuat, karena selain bisa dipelihara di , ikan ini bisa dipelihara di . Ikan ini juga bisa menjadi ikan konsumsi jika memiliki volume sama dengan ikan gurame konsumsi bila dipelihara di ,” kata Koko, salah satu pembudidaya ikan gurame hias asal Ciseeng, Parung, Bogor, Jawa Barat, seperti dilansir Jitunews.

Menurut Koko, prospek gurame hias ternyata cukup menjanjikan, terlebih karena pemain gurame hias di masih belum terlalu banyak. Selain itu, gurame hias sekarang banyak diburu kolektor lantaran tampilannya hampir mirip dengan ikan hias jenis Discuss yang kini sedang menjadi primadona setelah Arwana.

Gurame hias pun kabarnya juga bisa dipelihara dengan jenis ikan hias lainnya dalam akuarium yang sama karena ia tidak bersifat memangsa ikan lain yang berukuran lebih kecil darinya. Jika ingin memeliharanya dalam aquarium, ikan gurame hias yang dianjurkan biasanya sekitar 2-3 jari. Walaupun tidak terlalu besar, menurut banyak orang gurame hias seperti ikan gurame putih akan tampak indah bila dipelihara secara koloni atau berkelompok.

Koko menjelaskan jika gurame hias memang tidak sebanyak gurame keperluan konsumsi. Pasalnya masyarakat Indonesia masih belum banyak yang mengetahui varian gurame hias yang ada. Di lapak Koko penjualan gurame hias menyumbang penghasilan hingga 40% dalam sebulan, meliputi ukuran telur, benih atau bibit ikan usia 10-20 hari, ikan gurame hias ukuran 2 jari dan 3 jari.

Loading...