Cuaca Tak Menentu, Harga Ikan Lele Per Kilo di Pasaran Saat Ini Naik

Ikan Lele - news.kkp.go.idIkan Lele - news.kkp.go.id

Bagi sebagian , ikan lele termasuk pangan yang cukup menguntungkan. Selain lezat untuk disantap bersama sepiring nasi hangat dan sambal, ikan lele juga menguntungkan untuk di pasaran. Ikan lele biasanya banyak dibudidayakan untuk kemudian di -pasar dengan harga mulai belasan ribu rupiah dari pengepul namun saat sampai di konsumen harga per kilogram bisa berkisar puluhan ribu rupiah.

Harga ikan lele per kilo di pasaran Jakarta saat ini berkisar antara Rp 22 ribuan hingga Rp 26 ribuan. Menurut dari Info Pangan Jakarta, harga lele per 1 kg terendah ada di salah satu pasar tradisional, yakni Pasar Senen Blok III – VI, sedangkan harga tertinggi ada di Pasar Mampang Prapatan.

Walaupun relatif menguntungkan dan banyak peminatnya, rupanya budidaya ikan lele sangat tergantung pada cuaca. Pembudidaya ikan lele di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah bahkan sengaja mengurangi populasi ikan lele mereka untuk meminimalisir adanya ikan yang terserang penyakit di tengah cuaca tak menentu seperti sekarang.

“Musim saat ini tergolong anomali karena terkadang cuaca cerah dan terkadang masih ada hujan,” ujar Faruq, ketua pembudidaya ikan lele Remaja Asri di Kecamatan Gebog, Kudus, Jateng, Selasa (27/2/2018), seperti dilansir Solopos.

Dengan kondisi tak menentu tersebut menurut Faruq ikan lele di tambak akan mudah terserang penyakit seperti sirip merah dan moncong putih. Alhasil pihaknya pun mengurangi jumlah ikan yang ditebar. Jika biasanya tiap meter kubik air diisi 200 ekor benih ikan lele, maka kini ia hanya mengisinya dengan 150 ekor benih lele.

Jika dipaksakan menebar benih yang banyak, Faruq khawatir ikannya mudah terserang penyakit dan pertumbuhannya pun lebih lambat. Sayangnya walau jumlah bibit yang ditebar dikurangi, rupanya produksi tetap melambung. “ produksinya dari sebelumnya hanya Rp 13,5 juta/ton, kini naik hingga Rp 500.000/tonnya,” katanya.

Sebab ada tambahan biaya untuk nutrisi dan vitamin agar menambah kekebalan ikan terhadap serangan penyakit. Di pasar lokal Kudus harga jual ikan lele kabarnya naik jadi Rp 16.000 per kilo dan di wilayah Semarang Rp 16.500 per kg.

Loading...