Cocokkan Rangka & STNK, Berapa Harga Kertas Cek Fisik?

Kertas cek fisik rangkaKertas cek fisik rangka - www.bukalapak.com

JAKARTA – Untuk membuktikan kecocokan antara fisik dengan surat-surat , biasanya Sistem Manunggal Satu Atap () mengadakan cek fisik rutin setiap tahunnya bagi pemilik yang akan memperpanjang . Untuk ini, diperlukan juga kertas cek fisik yang dengan berkisar Rp20 ribuan per lembar.

Jika Anda menelusuri berbagai situs jual beli online yang ada di Indonesia, Anda akan menemukan banyak pedagang yang menawarkan kertas cek fisik kendaraan yang diklaim asli. Beberapa penjual menawarkan dagangan mereka dengan harga Rp17 ribu sampai Rp19 ribuan per lembar. Sementara, beberapa yang lainnya menjualnya dengan harga mulai Rp20 ribuan per lembar.

Kertas cek fisik sendiri secara umum dibagi menjadi dua bagian. Bagian yang pertama untuk nomor kendaraan, sedangkan bagian yang lainnya adalah untuk nomor mesin kendaraan. Meski banyak yang mengklaim asli, namun menurut pihak SAMSAT Surabaya Timur, warna kertas blanko yang asli bernuansa biru muda, sedangkan blangko palsu dari calo bernuansa kuning muda.

Pengurusan cek fisik kendaraan sendiri sebenarnya sangat singkat. Untuk masing-masing , pihak SAMSAT hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk melakukan cek fisik, termasuk mengisi formulir. Setelah selesai, formulir yang sudah diisi tersebut bisa diserahkan ke loket untuk proses selanjutnya.

Untuk mempermudah masyarakat dan pemilik kendaraan dalam melakukan cek fisik, banyak SAMSAT yang sudah melakukan terobosan. SAMSAT di Kota Balikpapan misalnya, saat ini sudah menerapkan layanan drive thru untuk ini. Tujuannya tidak lain untuk mempermudah dan proses pelayanan kepada masyarakat di Kota Balikpapan.

“Proses pelayanan cek fisik cukup dilakukan di tempat antrean cek fisik. Wajib pajak (masyarakat) tidak perlu antre di loket cek fisik seperti dulu lagi. Semua proses cukup di antrean,” papar Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol. Subandriya. “Masyarakat akan lebih terbantu, gak panas-panasan lagi, gak perlu antre lai, gak perlu nulis formulir lagi. Paling lama lima menit sudah selesai.”

Loading...