Cocok untuk Trabas Hutan, Harga Motor Honda CRF 230 Enduro Bisa Mencapai Rp 135 Juta

Honda CRF 230 - Mcsikos90Honda CRF 230 - Mcsikos90

Setelah lama dikuasai oleh Kawasaki, PT Astra Motor (AHM) akhirnya berusaha menghadirkan motor dari segmen trail yang dinamakan CRF150L dan CRF 250Rally. Dari segi harga memang cukup bersaing. CRF150L dengan harga Rp 32.050.000, sedangkan CRF250Rally harganya Rp 64.900.000. Selain kedua motor tersebut, juga memiliki motor enduro berkapasitas 233 cc yang dinamakan CRF 230.

Honda CRF 230 Enduro mungkin memang tidak sepopuler CRF150 dan CRF250. Di pun mungkin akan sedikit kesulitan mencari CRF 230 versi baru. Kebanyakan unit motor Honda CRF 230 Enduro yang diperjual-belikan di biasanya adalah unit bekas milik kolektor yang masih dalam kondisi mulus dan terawat.

Karena termasuk motor build up, tak heran jika harga motor satu ini lebih mahal dari kedua saudaranya yang sudah malang-melintang di Indonesia. Harga Honda CRF 230 Enduro bekas atau second dijual mulai Rp 44 jutaan hingga mencapai Rp 135 jutaan di pasaran.

“CRF230F merupakan motor yang sengaja dibuat sebagai penawar dahaga para pencinta motor trail. Motor ini dibekali mesin empat-tak, 233cc satu silinder, dan dilengkapi elektrik starter. Tenaga pada mesin kemudian disalurkan secara sempurna melalui sistem transmisi manual enam-percepatan,” demikian klaim Honda Thailand, seperti dilansir Viva.

Motor Honda CRF 230 Enduro mengusung spesifikasi sasis baja dengan bahan yang ringan serta kapasitas tangki bahan bakarnya yang dapat menampung bahan bakar hingga 7 liter. Kemudian di bagian kaki-kaki menggunakan suspensi, dan lengan ayun (swingarm) dari Showa.

Berbeda dari motor trail yang legal digunakan di jalan raya, motor enduro seperti Honda CRF 230 memang dikhususkan untuk ‘trabas’ , jalanan berbatu, sungai, perbukitan, atau medan ekstrem lainnya. Motor enduro dituntut memiliki performa yang mumpuni. Motor jenis enduro biasanya juga dilengkapi lampu utama demi kebutuhan penerangan jalanan di malam hari.

Ban yang dipakai motor enduro juga mirip ban motocross, yakni ban jenis pacul dengan kotak-kota besar dan susunannya jarang-jarang. Biasanya motor enduro juga mempunyai tangki bahan bakar yang lebih besar dibanding motocross karena kerap dipakai untuk kebutuhan endurance jarak jauh.

Loading...