Cocok untuk Pemula, Harga Printer 3D Da Vinci Termurah Cuma Rp 4 Jutaan

Printer 3D Da Vinci - www.simplify3d.comPrinter 3D Da Vinci - www.simplify3d.com

Sejak beberapa tahun lalu sudah teknologi pencetak alias dalam bentuk 3D. Teknologi ini memang setingkat lebih maju dari pencetakan dua dimensi. Seperti halnya teknologi 3D pada umumnya, hasil cetakan dari 3D ini lebih realistis karena memiliki sudut pandang dari 3 dimensi sekaligus. 3D ini kerap digunakan untuk mencetak miniatur tertentu dan mempermudah perancangan desain di dunia nyata. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa merek 3D yang meramaikan , salah satunya seperti Da Vinci 3D Printer besutan XYZ Printing.

Ada beberapa printer 3D Da Vinci yang sudah di Indonesia misalnya saja seri mahal seperti 3D Printer DaVinci AiO yang harganya dibanderol Rp 32 jutaan, serta ada pula seri termurah seperti Da Vinci 3D Mini Maker Printer yang dipasarkan dengan harga sekitar Rp 4,35 jutaan di pasaran. Da Vinci 3D Mini Maker Printer pada dasarnya diperuntukkan bagi anak-anak untuk memperkenalkan dunia 3D modeling. Akan tetapi pada perjalanannya seri printer 3D satu ini juga banyak diminati oleh orang-orang dewasa yang masih pemula atau baru belajar mengoperasikan printer 3D.

Da Vinci 3D Mini Maker Printer memiliki area cetak (print) yang cukup kecil, hanya berukuran dimensi 15 x 15 x 15 cm dan memiliki resolusi layer antara 100-300 microns. Printer 3D ini dibekali oleh filament dari PLA dan konektivitas USB 2.0, serta kecepatan cetak 0,3 mm. Di dalamnya juga sudah dilengkapi software XYZware untuk memudahkan pengoperasian.

Tahun 2017 lalu XYZprinting juga memperkenalkan produk 3D printer terbarunya, yakni Da Vinci Color seharga USD 3000 atau sekitar Rp 41 jutaan. Produk ini mengusung teknologi fused filament fabrication yang diklaim dapat menawarkan pencetakan dengan menggunakan model warna CMYK terbaik.

“Pada industri printer 3D ultimate full-color, 3DColorJet yang diciptakan oleh XYZprinting membuat Da Vinci Color mampu mencampur dan membakar droplets dari warna yang menggunakan model CMYK pada filamen PLA secara akurat dan presisi,” demikian bunyi klaim dari XYZprinting.

Namun sayang tipe 3D printer tersebut masih cukup sulit ditemukan di Indonesia. Untuk sementara ini yang cukup mudah didapatkan adalah seri termurah Da Vinci 3D Mini Maker Printer. Printer 3D paling murah keluaran XYZprinting ini banyak dijual secara di sejumlah situs e-commerce.

Loading...