Cocok untuk Kontes Kicau, Berapa Harga Burung Kacer Bahan di Pramuka?

Gambar Burung Kacer - hargaburung.id

JAKARTA – Kacer merupakan salah satu jenis yang sering dipakai untuk mengikuti kicau karena dikenal punya suara yang dan merdu. Ada banyak kacer yang bisa dijadikan salah satunya kacer bahan. Cukup mudah ditemukan, yang satu ini bisa Anda beli di Pramuka dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah.

Pasar Pramuka yang berada di kawasan Matraman, Jakarta Timur memang bisa dibilang sebagai salah satu pasar burung yang paling di Tanah Air. Tidak kurang dari 300 kios berjejer menjajakan berbagai jenis burung, mulai jenis murai, lovebird, kenari, jalak putih, hingga kacer. Bahkan, kepopuleran pasar ini membuat media dari luar negeri tertarik untuk meliput.

Khusus untuk burung jenis kacer bahan, ini sebenarnya merupakan varian yang cukup mudah ditemukan. Di Pasar Pramuka, burung ini di kisaran harga Rp250 ribuan hingga Rp700 ribuan per ekor. Sebagai perbandingan, di salah satu situs jual beli online, harga burung kacer bahan saat ini sekitar Rp180 ribuan sampai dengan Rp850 ribuan. Sebelum membeli, Anda sebaiknya memerhatikan dengan jeli setiap bagian tubuh burung juga suara yang dikeluarkan.

“Karakteristik dan keunikan burung menentukan harga jual dari burung tersebut,” ujar salah seorang pedagang bernama Wandi, seperti dikutip Kumparan. “Karakteristik burung bisa mencakup bulu, cuitan atau siulan burung, ukuran badan burung, hingga jenis burung. Jika semakin menarik, ditambah ukuran dan siulan yang bagus, maka harganya juga semakin .”

Sementara itu, menurut Ardan, salah seorang pencinta burung hias yang sering mengikuti kontes kicau burung, di kalangan pencinta burung hias, semakin banyak seekor burung memenangi kontes perlombaan, maka semakin mahal harga burung tersebut. Ia bersama teman-temannya sendiri tidak ragu jika harus mengeluarkan kocek lebih dalam untuk mendapatkan satu ekor jenis burung dengan yang lebih bagus.

Loading...