Cocok untuk Inseminasi Buatan, Berapa Harga Sperma Kambing Boer?

Kambing Boer - id.wikipedia.orgKambing Boer - id.wikipedia.org

Jenis yang menguntungkan untuk diternakkan ada banyak. Salah satu jenis unggul adalah boer. boer memiliki jual yang tinggi di pasaran karena mempunyai ciri-ciri tanduk memisah, postur pendek besar, cepat, dasar bulu putih dan bulu lehernya cokelat, karkas daging banyak, kandungan lemak dan air sedikit, cita rasa daging lebih gurih dari jawa, dan tekstur dagingnya empuk. Tak hanya bagian dagingnya saja yang layak jual, sperma atau semen beku dari boer juga bernilai tinggi.

Menurut salah seorang peternak kambing boer, Tonny Mariza Hariyanto prospek kambing boer sangat bagus ke depannya. “Lihat saja, kambing boer ini sudah siap potong sejak umur 5-6 bulan, sedangkan kambing jawa butuh waktu satu tahun sampai siap potong,” terang Tonny, seperti dilansir Berempat. Katanya, ketika kambing boer berumur 5-6 bulan, bobotnya bisa mencapai 25-30 kg.

Tonny mengaku menjual anakan kambing boer F1 dengan harga Rp60 ribu per kilogram tahun 2019 lalu. Anakan yang berasal dari hasil persilangan kambing boer dan kambing jawa dengan jenis boer warna putih-coklat dan putih-hitam.

“Itulah kelebihan usaha saya, saya menjual kambing boer dengan warna putih-hitam dan putih-cokelat. Jadi nggak kalah dengan yang ada di luar negeri. Sebab kambing boer asli yang kebanyakan dikenal di Indonesia umumnya berwarna putih polos dan putih-cokelat,” tutur Tonny.

Kambing boer jantan juga bisa setiap bulan kawin, sedangkan kambing boer betina hanya kawin sebanyak setahun dua kali dengan masa mengandung selama 5 bulan. Nah, sekali beranak, seekor kambing boer betina dapat menghasilkan anakan hingga 4 ekor. Yang lebih menarik lagi, selain dengan kambing boer betina ternyata kambing boer pejantan dapat dikawinkan dengan kambing jenis lain (kambing lokal).

Tonny pun menjual sperma kambing boer untuk inseminasi buatan (IB) dengan harga Rp50 ribu per straw (isi 300 cc). Dengan demikian, peternak pemula dapat meminimalisir modal dengan kawin suntik (IB) kambing betina jenis apa saja dengan sperma kambing boer jantan asli.

Sedangkan harga sperma kambing boer di Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang dipatok sekitar Rp7 ribu per dosis dan di UPTD BPPTDK Yogyakarta harga semen beku kambing (non katalog) Rp5.000 per dosis atau straw.

Loading...