Cocok untuk Beatbox, Ini Harga Alat Looper

Looper Beatbox - en.audiofanzine.comLooper Beatbox - en.audiofanzine.com

JAKARTA – Untuk menghasilkan sebuah karya beatbox, memang dibutuhkan sebuah skill dan yang keras. Namun, saat ini sudah tersedia looper, sebuah yang mampu mengedit dan membuat loops dari custom beats dengan pembuat beat. Di , alat ini sudah tersedia dalam beragam dan umumnya dengan harga jutaan .

“Banyak musisi yang menggunakan perangkat hardware dan software untuk membuat dan memodifikasi loops, yang berhubungan dengan efek musik elektronik,” tulis Compusiciannews.com. “Alat ini mampu mengedit dan membuat loops, menjadikan Anda lebih fleksibel dalam membuat apa pun dari custom beats dengan program pembuat beat, untuk membantu band Anda menjadi lebih bagus.”

Masih menurut sumber yang sama, baik musisi solo maupun personel band, looping akan sangat membantu rekaman Anda. Jika Anda mencoba untuk merekam lagu yang tersusun dari pola melodi repetitif, riff, atau drum, Anda dapat mengubahnya menjadi loop daripada harus memainkan bagian musik tersebut secara berulang-ulang.

Saat ini, sudah banyak looper beatbox yang dijual di pasaran. Boss RC-505 Loop Station misalnya, sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp8,7 juta hingga Rp10,5 jutaan. Perangkat ini dikatakan dapat dioperasikan dengan tangan, yang cocok untuk para beatboxer, vokalis, serta pemain band. Boss RC-505 Loop Station bagus untuk loop synth/keyboard/drum pad, tetap pada dasarnya dapat mengulang apa pun yang Anda tancapkan ke dalamnya.

Jika Anda ingin yang lebih simpel dan praktis, bisa memilih Boss RC-1. Ini adalah perangkat yang mudah dioperasikan, dan Anda dikatakan akan mengalami kesenangan ketika merekam, memutar, overdub, dan mengulang menggunakan stompbox Boss yang ringkas ini. Di pasaran dalam negeri, alat ini ditawarkan di kisaran harga Rp1,75 jutaan per unit.

“Namun, saat menggunakan loops, suara yang dihasilkan akan seperti suara robot,” sambung Compusiciannews.com. “Rekaman Anda akan kehilangan unsur manusiawi yang dapat menghidupkan musik Anda. Jika Anda membuat musik dengan loops ini, maka Anda akan kehilangan praktik yang nyata dan Anda dapat kehilangan kecakapan dan keahlian Anda.”

Loading...