Cocok untuk Backpacker, Biaya Hidup di Vietnam Lebih Murah dari Indonesia

Biaya Hidup di Vietnam - www.intrepidtravel.comBiaya Hidup di Vietnam - www.intrepidtravel.com

Bagi traveler yang hobi berjalan-jalan ke luar negeri biasanya ingin menuntaskan pengalaman traveling mereka di Asia Tenggara terlebih dahulu. Apalagi karena banyak di Asean yang memiliki biaya hidup lebih murah atau bahkan tak jauh berbeda dari . Misalnya saja seperti Thailand, Laos, , Filipina, hingga Malaysia.

Bagi beberapa traveler asal Indonesia bahkan menyebutkan bahwa di Vietnam orang Indonesia bisa menjadi ‘raja’. Pasalnya biaya hidup di Vietnam dinilai lebih rendah dari Indonesia. Sebagai informasi, standar di Vietnam harganya berkisar 25.000-70.000 Dong atau sekitar Rp 15 ribuan – Rp 42 ribuan.

Kemudian penginapan pun juga murah. Wisatawan yang hendak ke Vietnam bisa menemukan hostel dengan dormitory atau asrama mulai Rp 66 ribuan per malam di pusat . Standar fasilitasnya pun hampir sama seperti hostel di Indonesia. Sedangkan untuk urusan transportasi, para wisatawan bisa menumpang bus, taksi, serta taksi atau ojek online yang harganya berkisar 4.000-8.000 Dong sekali jalan atau sekitar Rp 2 ribuan – Rp 5 ribuan.

Taksi di Vietnam biasanya tidak memakai meteran. Tetapi ada juga taksi Mai Linh atau Vinasun yang memakai argometer dan dinilai lebih terjamin. Untuk gambaran, biaya taksi dari bandara ke pusat kota berkisar 160.000 Dong atau sekitar Rp 96 ribuan jika dikonversikan dalam rupiah.

Tak hanya dari segi biaya saja yang murah, suasana di Vietnam pun tidak jauh berbeda dari Indonesia. Oleh sebab itu Vietnam termasuk tujuan wisata yang cukup disukai oleh para backpacker yang ingin menghemat budget. Seperti Jakarta, Ibu Kota Vietnam, Ho Chi Minh City juga kerap dilanda kemacetan. “Kemacetan lalu lintasnya tampak gila, namun begitu Anda berada di tengah-tengahnya, mobil-mobil bergerak perlahan dan tetap, dan Anda jarang melihat kemarahan di jalan,” ujar James Clark, salah satu warga Australia yang tinggal di Vietnam, seperti dilansir BBC.

Di Ho Chi Minh City atau Saigon terbagi dalam 24 distrik, kawasan D1 adalah pusat kota dengan perbelanjaan modern seperti di Ben Than dan daerah Pham Ngu Lau yang terkenal dengan kehidupan malamnya. “Wilayah Da Kao di District 1 adalah favorit saya. Ada banh mi setempat (roti lapis khas Vietnam) dan pedagang makanan lain di jalan, tetapi Anda berada dalam jangkauan di pusat kota,” ujar Kelsey Cheng asal Chicago.

Loading...