Cocok untuk Aplikasi Dekoratif, Berikut Harga Kayu Meranti per Batang

Kayu Meranti - www.alibaba.com

Meranti merupakan salah satu yang bisa Anda gunakan untuk aplikasi dekoratif, termasuk furniture, finishing , panel, cetakan, skirting, hingga architrave karena cukup keras dan memiliki kualitas tinggi. Di , kayu yang banyak tumbuh di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Sumatera tersebut sekarang per dengan bervariasi, tergantung bentuk dan ukurannya.

Beberapa sumber menyebutkan, harga kayu meranti dalam bentuk reng sekarang berkisar Rp15 ribuan hingga Rp25 ribuan per batang (4 meter). Sementara, kayu meranti bentuk kaso sekarang ditawarkan Rp45 ribuan hingga Rp75 ribuan per batang, kayu meranti bentuk galar dijual Rp95 ribuan per batang, kayu meranti bentuk balok dipasarkan Rp125 ribuan sampai Rp145 ribuan per batang, dan kayu meranti papan dilepas Rp80 ribuan per batang.

Pohon meranti biasanya menghasilkan kayu yang keras dan berkualitas tingi. Kayu jenis ini umum dipakai sebagai bahan dasar untuk membuat meja, kursi, peti perhiasan, maupun aneka cenderamata lainnya. Selain itu, dengan tekstur yang keras dan tahan lama, kayu meranti juga menjadi salah satu pilihan untuk konstruksi , seperti parket lantai, tangga handrail, pintu, maupun jendela.

“Jika untuk bahan bangunan, kayu ulin memang masih menjadi primadona, meski memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan kayu meranti dan kayu kapur,” tutur Rahman, salah seorang juragan kayu di Samarinda, Kalimantan Timur. “Tetapi, karena harganya yang terus naik, banyak warga yang kemudian beralih ke kayu meranti.”

Sementara itu, menurut Chief Executive Organizer Tropideck, Ryan Wirasasmita, kayu adalah salah satu sumber daya alam terbaik, dan itulah sebabnya mengapa menggunakan kayu itu baik adanya. Kayu yang bisa digunakan untuk interior adalah jenis Hevea, Walnut, Acacia, Mahogany, Merhau, Oak, Teak, dan Sungkai. “Sementara, untuk , di antaranya jenis Teak, Red Balau, Apitong, Yellow Balau, Merbau, Champor, Ironwood, dan Red Meranti,” katanya.

Loading...