Cocok Dibakar dan Dipanggang, Berapa Harga Ikan Ayam-ayam?

Ikan Ayam-Ayaman Bakar - hellomissnurhasanah.blogspot.co.id

Jika Anda doyan menyantap seafood yang dibakar, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan ayam-ayam. Ini adalah salah satu jenis laut yang memang banyak diolah sebagai bakar, dipanggang, hingga dibumbui kuning. Selalu laris diburu ketika menjelang momen pergantian tahun, ayam-ayam dipasarkan di kisaran harga Rp50 ribuan per kg.

“Ikan ini memiliki bentuk , yaitu bertubuh pipih besar, namun mulutnya kecil dan bergigi, dengan mata bulat,” tulis Detik Food. “Ikan tersebut dinamai ‘ayam-ayam’ karena rasanya memang seperti daging ayam ketika disantap. Selain itu, ikan ini juga punya nama ‘Leather Jacket Fish’ karena kulitnya yang tebal bak jaket kulit.”

Sementara itu, menurut salah satu situs beli , ikan ayam-ayam merupakan salah satu ikan yang dapat ditemukan di sepanjang kawasan Indo Pasifik seperti di Laut Merah sampai di Samudera Pasifik bagian barat. Sementara, di Indonesia, ikan ayam-ayam juga dikenal dengan nama ikan etong, ikan jebong, atau ikan kambing-kambing. Jika Anda berkunjung ke daerah pantai, ikan ini adalah salah satu ikan untuk diolah menjadi ikan bakar.

“Kandungan protein yang melimpah pada ikan ayam-ayam dapat mencukupi kebutuhan protein tubuh kita, yang berguna untuk proses metabolisme, serta baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan,” tulis situs tersebut. “Di samping itu, meski tinggi protein, tidak seperti daging hewan darat, daging ikan mengandung adar lemak yang sangat rendah sehingga lebih aman untuk dikonsumsi dan cocok untuk mereka yang khawatir akan risiko kolesterol.”

Meski lebih banyak ditawarkan di pinggir pantai, namun Anda juga bisa membeli ikan ayam-ayam di beberapa dan juga situs jual beli online. Salah satu pedagang menawarkan ikan ini dengan harga mulai Rp50 ribuan per kilogram. Sementara, pedagang yang lain menjualnya di kisaran harga Rp98 ribuan dalam kemasan dingin ukuran 300 gram sampai 500 gram.

Loading...