Cocok Dengan Iklim Tropis Indonesia, Harga Ikan Cupang Aduan Bervariasi Sesuai Ukuran

Harga, ikan, cupang, aduan, adu, kualitas, standar, terbaik, super, per, ekor, ukuran, hias, liar, perbedaan, cuaca, tropis,Ilustrasi: ikan cupang aduan (kancup.blogspot.com)

Ikan cupang menjadi salah satu spesies ikan yang cukup dikenal oleh masyarakat luas. Dengan beragam keunikan dan ketangkasannya menjadikan daya tarik yang sangat kuat bagi kebanyakan orang. Ikan cupang terbagi dalam tiga golongan, yakni ikan cupang aduan, cupang hias, dan cupang liar.

“Penghobi ikan cupang jumlahnya tidak kalah dengan lain. Itu terbukti dengan banyaknya penghobi baik secara perorangan maupun dalam bentuk komunitas. Secara bentuk dan warna, ikan cupang memang sangat menarik untuk dikoleksi,” tutur Pa’i, salah satu anggota Inbc kepada Media Indonesia, dilansir dari Metronews.

Cupang hias termasuk dalam kelompok ikan yang dilihat dan dianggap bernilai dari bentuk, warna gerak, dan sirip yang melebar. Ciri-ciri ikan cupang hias adalah memiliki bentuk sirip yang merundai yang menghias bagian ikan mulai dari ekor sirip sampai dengan bagian badan lainnya. Ikan cupang hias merupakan salah satu jenis dari tiga golongan tersebut yang paling diburu masyarakat. Tidak hanya di Asia, kesohoran ikan cupang juga banyak dikenal luas masyarakat Eropa.

Sementara untuk jenis ikan cupang aduan, sesuai dengan namanya, ikan ini digunakan untuk keperluan perlombaan dengan cara bertarung. Ikan cupang aduan memiliki postur tubuh yang kokoh, mulai bagian kepala sampai pangkal sirip buntut memiliki tebal dan yang sama, namun pada bagian ujung ekor terlihat membujur lancip. Ikan cupang adu biasanya berasal dari spesies Betta splendens, Betta imbellis, Betta mahachai dan variasi silangannya.

”Ikan cupang aduan memang didesain untuk bertarung sampai mati. Kalau lomba ikan aduan, penentuan menangnya kalau enggak mati, ya salah satunya lari,” ujar Giovanni Alif, salah seorang pembudidaya ikan cupang, melalui Jawapos.

Perbedaan utama dari ikan cupang hias dan aduan adalah ikan cupang hias cenderung lebih tenang, sementara ikan cupang aduan memiliki gerakan yang sangat aktif dan agresif.

Selain itu, cupang hias juga disebut-sebut memiliki banyak jenis, seperti halfmoon, serit, slayer, dan lainnya. Sementara ikan cupang aduan hanya memiliki dua jenis, yaitu ikan cupang plakat, dan ikan cupang giant.

Untuk ikan cupang aduan kualitas standar dengan ukuran 5-7 cm dijual seharga Rp15.000 per ekor. Sedangkan untuk ikan cupang aduan kualitas super berukuran 8-10 cm dijual seharga Rp 50.000 per ekor. Semakin besar ukuran ikan cupang aduan maka akan membuat jualnya semakin tinggi. Bahkan untuk beberapa ikan cupang adu dengan kualitas terbaik dijual hingga ratusan ribu .

Mengingat cupang merupakan ikan tropis, maka cuaca di Indonesia sangat membantu membentuk kualitas ikan cupang. Untuk meningkatkan kualitas misalnya, ikan setiap hari harus dijemur, paling tidak selama 10 atau 15 menit.

Loading...