Ciptakan Banyak Peluang Kerja, Ini Biaya Kuliah Jurusan Arsitektur Universitas Gunadarma

Biaya, kuliah, jurusan, Arsitektur, universitas, perguruan, tinggi, mahasiswa, Gunadarma, UG, Depok, fakultas, teknik, S1, uang, gedung, BPP, SKSGambar denah bangunan, salah satu bidang keahlian arsitektur

Profesi arsitek disebut-sebut mempunyai prospek yang cukup bagus. Hampir semua perusahaan properti dan konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Tren properti yang masih melaju kencang menunjukkan bahwa kebutuhan terhadap tenaga arsitek masih tinggi. Untuk bisa memiliki profesi sebagai arsitek, maka seseorang harus terlebih dahulu menempuh pendidikan di bidang .

Arsitektur merupakan salah satu yang cukup populer di Indonesia. Para di program studi Arsitektur mempelajari desain dan rancangan konstruksi . Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami arsitektur, para harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

Pada umumnya, Arsitektur menjadi bagian dari Teknik. Uniknya, jurusan ini tidak melulu mengajarkan hal-hal teknik, tapi juga seni dan estetika. Jika Anda melihat bangunan-bangunan indah, itu tidak lepas dari tangan dingin para arsitek hebat yang bisa menggabungkan fungsi, keindahan, dan kekuatan bangunan. Jurusan Arsitektur bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang punya ketertarikan pada desain dan rancang bangunan. Untuk menjadi mahasiswa Arsitektur, paling tidak harus punya ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, humaniora, sains, dan .

Tak hanya menjadi seorang Arsitek, mahasiswa lulusan Arsitektur juga memiliki peluang profesi atau karier, seperti Manajer Arsitektur dan Insinyur, Perencanaan Kota dan , Drafter Arsitektur, Pengawas dan Penyelidik Properti Pemerintah, Pengawas Konstruksi dan Bangunan, Manajer Konstruksi, Desainer Interior, Arsitek Lanskap, hingga Ahli Peta Geografi.

“Karena arsitektur adalah ilmu yang mempelajari berbagai ilmu. Di dalamnya mempelajari tentang seni dan estetika, teknologi, sejarah, ekonomi dan manajemen, psikologi, fotografi, interior, landscape dan masih banyak ilmu yang dipelajari sehingga ruang lingkup di dunia kerja pun sangat luas. Oleh sebab itu saya memilih jurusan Arsitektur,” ucap Fajrie Prasdhitio Anggoro, salah seorang mahasiswa jurusan Arsitektur, dalam laman Youth Manual.

Di Indonesia, sudah banyak perguruan tinggi atau universitas yang menyediakan program studi Arsitektur. Salah satunya adalah Universitas Gunadarma atau UG, yang dibangun sejak tahun 1981 di Depok, Jawa Barat. Kegiatan perkuliahan Gunadarma dilakukan di 14 yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, hingga Tangerang.

kuliah Universitas Gunadarma yang harus dibayarkan oleh mahasiswa tiap semesternya ataupun pada saat masuk kuliah terdiri dari beberapa komponen. Ada uang gedung, BPP, dan SKS. Untuk mahasiswa yang sudah masuk akhir, nanti ada juga skripsi atau tesis yang harus dibayarkan. Untuk program studi S1 Teknik Arsitektur, kuliah semester 1 yang harus dibayarkan oleh calon mahasiswa adalah mulai Rp8 juta hingga Rp13 juta untuk uang gedung, Rp2 juta untuk BPP, dan Rp150 ribu untuk SKS.

 

Loading...