Cetak Banyak Idol K-Pop Berbakat, Biaya Sekolah di Sopa Tembus Ratusan Juta Rupiah

Seoul School of Performing Arts (Sopa) - aminoapps.comSeoul School of Performing Arts (Sopa) - aminoapps.com

terkenal dengan tren K-Pop-nya yang telah menyebar hingga ke berbagai penjuru dunia. Di setidaknya ada 2 sekolah menengah tingkat atas (SMA) yang terkenal telah mencetak banyak idol boyband maupun berbakat, yakni Seoul School of Performing Arts dan Hanlim Multi Art School (Sopa). Sopa terkenal dengan seragamnya berupa jas berwarna kuning mencolok. Karena termasuk sekolah bergengsi, tak heran jika biaya sekolah di Sopa pun kabarnya cukup .

“Di Sopa itu biayanya lumayan mahal. Setahun sekitar 8 juta won, mungkin kalau sekarang sudah naik, dulu ya lulusan 2014 atau 2015. Mungkin sekarang udah naik 10 juta won. Berarti per tahun itu biaya di Sopa sekitar Rp 100 juta. Dan masuk situ ada tesnya juga,” kata salah satu warga Indonesia yang mengaku bekerja di Korea Selatan dan memiliki teman lulusan Sopa, lewat akun video YouTube Chocoemong.

Di Sopa sendiri memang tidak ada penjelasan secara rinci terkait berapa biaya hingga lulus. Sopa hanya menegaskan bahwa dirinya adalah pertama di Korea Selatan yang mengkhususkan diri di bidang performing arts dan diperuntukkan bagi murid Kristiani.

Sopa memiliki beberapa jurusan yang terbagi dalam Department of Theatre of Film bagi mereka yang menyukai seni peran, kemudian Department of Theatre Arts, Department of Broadcasting Arts, Department of Practical Music bagi mereka yang ingin mendalami seni musik, Department of Practical Dancing untuk penggemar dance atau seni tari, dan Department of Stage Arts untuk mereka yang ingin mendalami seni rupa.

Setiap departemen biasanya memiliki 2 kelas yang setiap kelas terdiri dari 38 siswa, namun Department of Practical Dancing hanya membuka 1 kelas setiap tahun ajaran baru. Sehingga siswa yang diterima di Sopa pun dibatasi hanya 266 orang saja dari tahun ke tahunnya. Sudah banyak idol lulusan Sopa yang sukses berkarier di industri K-Pop, mulai dari Suzy miss A, Lee Jong-hyun CNBlue, Sehun EXO, Hyeri Girl’s Day, dan masih banyak lagi.

Loading...