Cek Fisik Bantuan di Kantor Samsat Terdekat Ternyata Tak Dipungut Biaya

Cek fisik kendaraan bermotor (sumber: batamnews.co.id)Cek fisik kendaraan bermotor (sumber: batamnews.co.id)

Setiap pengemudi dibekali dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan yang wajib dibawa ke mana saja ketika sedang berkendara. Masa pakai sendiri adalah 5 tahun. Jika sudah lewat masa 5 tahun, pihak akan menerbitkan serta pelat nomor baru. Ketika mengurus STNK, terdapat sejumlah yang harus dilalui, salah satunya cek fisik kendaraan.

“Proses ini dilakukan untuk mengecek perubahan kendaraan. Karena, bisa saja warna berubah, fisik berubah, bentuk berubah. Kendaraan betul-betul ada kesesuaian dengan kondisi lima tahun yang lalu,” kata Kepala Bidang Regident Korlantas Polri Kombes Pol Refdi Andri, seperti dilansir Viva.

Lantas untuk urusan biaya, Refdi menegaskan bahwa cek fisik kendaraan tidak dipungut biaya, alias gratis. “Tidak ada biaya. Cek fisik itu semuanya gratis, karena merupakan kewajiban pelaksana,” beber Refdi.

Lantas bagaimana untuk kendaraan bermotor yang posisinya saat ini tidak berada di wilayah sesuai dengan yang tertera di STNK? Apakah tidak ada solusi lain untuk melakukan pengecekan fisik? Rupanya pihak kepolisian menawarkan solusi yang disebut dengan istilah cek fisik bantuan.

“Cek fisik bantuan adalah hasil cek fisik kendaraan yang dilakukan oleh petugas di mana kendaraan yang dimiliki dioperasionalkan, tetapi terdaftar di lain daerah,” ujar AKBP Ferdiansyah SIK Kasubdit Regident Ditlantas Polda Kalbar.

Cek fisik bantuan ini dapat digunakan untuk persyaratan perpanjangan atau penggantian STNK dan TNKB, mutasi, ganti nama pemilik, ubah bentuk, ganti warna, dan lain-lain. Caranya cukup mudah, pengguna cukup membawa kendaraan ke Samsat terdekat di tempat cek fisik kendaraan dan minta bantuan kepada petugas cek fisik untuk melakukan cek fisik kendaraan.

Karena kendaraan tersebut terdaftar di Samsat lain, maka oleh petugas Polri hasil cek fisik kendaraan tersebut akan diberi cap cek fisik bantuan. “Cek fisik kendaraan yang dilakukan di Kantor Samsat tidak dipungut biaya,” tandas Ferdiansyah. Apabila ada pungutan saat pemilik kendaraan hendak melakukan cek fisik, maka pungutan tersebut sifatnya ilegal.

Loading...