Cegah Penularan Difteri, Biaya Imunisasi untuk Orang Dewasa Dipatok Terjangkau

Ilustrasi : Imunisasi pada orang dewasaIlustrasi : Imunisasi pada orang dewasa

termasuk wabah yang cukup mematikan. Penularan wabah ini cukup cepat dan biasanya sangat rentan menyerang -anak. Namun rupanya selain -anak, pun dapat menyerang orang . Sejak masih anak-anak, pemerintah telah memberikan imunisasi difteri melalui . Lantas bagaimana dengan orang dewasa?

Ternyata difteri pada orang dewasa juga dapat dilakukan secara mandiri dan berbayar. Saat ini sudah ada beberapa klinik mandiri, puskesmas, dan yang menyediakan vaksin tetanus difteri (Td) untuk orang dewasa. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Menular Kementerian Kesehatan RI dr Jane Elizabeth Soepardi, MPH, DSc mengatakan jika orang dewasa juga harus memperoleh vaksin difteri walau tak disediakan gratis oleh pemerintah.

“Kami memang tidak menyediakan imunisasi gratis untuk orang dewasa. Maka bisa dilakukan secara mandiri di klinik atau puskesmas dengan membayar jika ingin mendapatkannya,” kata dr. Jane, seperti dilansir Okezone. “Kalau di klinik mandiri harganya relatif murah dan ada aturannya. Mereka beli di distributor untuk vaksin dewasa,” sambung dr. Jane.

Sebagai informasi, difteri adalah salah satu penyakit yang cepat menular melalui percikan liur. Penyakit tersebut ditularkan melalui Corynebacterium diphtheriae, yang cepat mematikan atau dapat menyebabkan komplikasi jika tidak segera ditangani.

Berdasarkan informasi tahun 2018 lalu, di salah satu klinik mandiri yang menyediakan vaksin difteri di Jakarta, yakni Klinik Satelit UI, biaya imunisasi difteri untuk orang dewasa dibanderol Rp 100 ribuan saja. Bahkan khusus mahasiswa UI vaksin lebih murah, sekitar Rp 55 ribu. “Sudah banyak orang yang mencari vaksin difteri setiap sejak tersedia di sini. Kalau berminat bisa telefon dan disesuaikan penyuntikannya,” kata customer service klinik.

Di tempat lain biaya imunisasi difteri bisa berbeda-beda. Namun berdasar penelusuran dari sejumlah sumber, tahun 2019 ini biaya vaksin difteri di rumah sakit berkisar mulai Rp 63 ribu hingga yang paling mahal mencapai Rp 500 ribuan. Untuk melakukan imunisasi atau mengetahui informasi lebih jelas seputar biaya imunisasi difteri, bisa langsung menghubungi pihak rumah sakit terdekat yang ada di sekitar Anda.

Loading...