Cegah Pemalsuan, Uni Eropa Rilis Uang 100 Euro dan 200 Euro Baru

200 Euro - www.bbc.com200 Euro - www.bbc.com

FRANKFURT – pada hari akhir Mei 2019 resmi merilis 100 euro dan 200 euro , menyelesaikan perombakan denominasi mata yang bertujuan untuk mencegah pemalsuan. ini telah diubah dengan yang lebih berani, punya hologram satelit, dan telah dicetak dengan nuansa yang lebih kontras daripada versi sebelumnya.

Dilansir Deutsche Welle, uang pecahan 100 euro dan 200 euro ini mengikuti pecahan 5 euro, 10 euro, 20 euro, dan 50 euro yang sebelumnya juga sudah mengalami rombakan. lama masih akan valid, namun pada akhirnya akan dikumpulkan dan diganti oleh bank sentral. “Kami selalu berusaha mengembangkan keamanan yang sangat canggih karena kami ingin tetap berada jauh di depan para pemalsu,” kata Direktur Uang Kertas European Central Bank (ECB), Ton Roos, kepada Reuters.

Uang kertas 100 euro dan 200 euro anyar memiliki ‘hologram satelit’ yang berada di kanan atas depan. Ketika dimiringkan, simbol euro kecil bergerak di sekitar angka. Ada simbol euro tambahan di nomor zamrud. Dengan dua fitur keamanan baru ini, diklaim akan membuat pemalsuan uang kertas 100 euro dan 200 euro menjadi lebih sulit.

terbaru itu juga menggunakan fitur keamanan yang sudah ditemukan pada pecahan 20 euro dan 50 euro, yakni ‘portrait window’. Jika Anda memegang uang ini di cahaya terang, ‘jendela’ tersebut menjadi transparan dan menunjukkan potret sosok mitos dari Yunani. Sementara, angka 100 atau 200 dicetak mengilap di bagian depan, mengubah dari hijau zamrud menjadi biru tua ketika uang kertas dimiringkan.

Selain diklaim lebih aman dari usaha pemalsuan, pecahan 100 euro dan 200 euro yang baru ini juga dikatakan ramah lingkungan, terutama bagi kaum vegan, tidak seperti uang polimer yang dirilis oleh Bank of England pada tahun 2016 dan 2017 kemarin. ECB menuturkan bahwa tidak ada bukti produk berbasis hewan dalam material uang tersebut.

“Bahan kertas yang kami gunakan dalam uang kertas euro terbuat dari serat kapas sebesar 100 persen,” ujar seorang juru bicara ECB, dikutip The New York Times. “Sistem Eropa kami sangat berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan keberlanjutan uang kertas euro dan bahan baku yang digunakan.”

Loading...