Cegah Nyeri, Berapa Biaya Cabut Gigi Geraham Belakang (Bungsu)?

Ilustrasi : Dokter sedang memeriksa gigi pasien

JAKARTA – Gigi geraham bungsu, atau belakang, biasanya akan tumbuh di usia 18 tahun hingga 25 tahun. Karena tumbuh ‘paling akhir’, tidak jarang gigi geraham ini akan tumbuh miring karena tidak memperolah ruang yang cukup. Nah, daripada Anda harus merasakan nyeri atau masalah lainnya, Anda memiliki opsi untuk mencabut gigi ini dengan berkisar Rp1,5 juta hingga Rp4 jutaan, tergantung atau yang melakukan pencabutan atau operasi.

“Jika akar geraham bungsu dibiarkan menancap kuat, maka yang harus dilakukan untuk mengangkatnya akan semakin berisiko menimbulkan kerusakan. Saraf gigi dan tulang rahang bisa ikut terpengaruh,” terang ahli bedah mulut dari Oak Ridge, J. David Johnson, seperti dilansir US News. “Kebanyakan disarankan untuk mencabut geraham bungsu sebelum dia tumbuh sempurna.”

Meski demikian, sebelum pasien memutuskan untuk mencabut gigi geraham bungsu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu. Pasalnya, ada risiko tinggi terkena penyakit gusi pada orang yang gigi bungsunya dicabut lebih awal, sehingga pencabutan gigi geraham tidak disarankan pada saat usia .

“Orang mungkin berpikir bahwa mencabut gigi bisa mencegah sakit gigi. Namun, saya khawatir hal tersebut bisa mengganggu rahang, belum lagi operasi memiliki komplikasi bagi orang dewasa,” kata Martha E. Nunn dari Creighton University di Omaha, Nebraska. “Saya sendiri tidak setuju dengan operasi pencabutan gigi geraham bungsu ketika remaja.”

Jika Anda memutuskan untuk mencabut gigi geraham bungsu, ada banyak rumah sakit atau klinik yang menyediakan jasa tindakan odontektomi, baik rumah sakit maupun rumah sakit swasta. Sebagai gambaran, biaya untuk melakukan tindakan ini berkisar antara Rp1,5 juta hingga Rp4 jutaan atau bisa lebih.

“Selain dokter gigi spesialis bedah mulut, dokter gigi umum pun bisa melakukan operasi odontektomi ini,” tutur drg. Callista Argentina, seorang dokter gigi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo. “Dapatkan sebanyak mungkin sebelum Anda melakukan cabut gigi geraham bungsu, agar mendapatkan yang memuaskan.”

Loading...