Cegah Infeksi Hati Serius, Berapa Biaya atau Harga Vaksin Hepatitis B?

Vaksin Hepatitis B - www.dokter.idVaksin Hepatitis B - www.dokter.id

hepatitis B atau hati bisa disebabkan oleh sejumlah hal, seperti virus, obat-obatan, zat beracun, hingga masalah . Nah, untuk mencegah atau mengurangi risiko terkena penyakit tersebut, disarankan melakukan vaksin hepatitis B, bahkan sejak dini. Untuk mendapatkan vaksin hepatitis B, atau harga yang harus dibayar memang bervariasi, tergantung ketentuan atau klinik yang memberikan vaksin.

“Vaksin hepatitis B termasuk satu dari tiga vaksin utama untuk orang dewasa di Indonesia karena seiring dengan makin tingginya jumlah narkoba jarum suntik, selain meningkatnya hubungan seks bebas,” jelas Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI. “Vaksin hepatitis B dianjurkan untuk semua orang dewasa tanpa terkecuali, termasuk tenaga , pengguna narkoba, orang dengan partner seksual multiple, gangguan imunitas, pasien dengan gangguan hati kronis, serta pasien dengan gangguan ginjal kronis.”

Selain untuk orang dewasa, vaksin hepatitis B juga disarankan untuk segera diberikan kepada anak-anak. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan para bayi dengan berat badan normal menerima dosis pertama vaksin hepatitis B dalam 24 jam pertama setelah lahir. Pemberian vaksin dalam 24 jam pertama ini akan meningkatkan proteksi bayi terhadap virus hepatitis B.

Bahaya virus hepatitis B sendiri yaitu menyerang organ hati dan memicu terjadinya sirosis hati, gagal hati, dan kanker hati. Virus ini dapat menyebar melalui kontak cairan dan darah, sehingga ibu yang memiliki hepatitis B berisiko menularkan pada anaknya saat melahirkan secara normal. “Saat bayi terinfeksi di periode kelahirannya atau saat ia dilahirkan, potensi komplikasi fatal akibat hepatitis B lebih besar,” ujar spesialis anak sekaligus anggota AAP, Elizabeth Barnett.

Biaya atau harga vaksin hepatitis B sendiri bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing klinik atau rumah sakit. Di Klinik Geo Medika yang berlokasi di Sidoarjo misalnya, biaya vaksin hepatitis B untuk anak-anak berkisar Rp65.000, sedangkan biaya vaksin untuk orang dewasa adalah Rp105.000. Sementara, Klinik Raisha yang berada di Yogyakarta mematok harga vaksin hepatitis B untuk anak-anak mulai Rp105.000, sedangkan untuk orang dewasa mulai Rp130.000.

Loading...