Cegah Atap Bocor, Harga List Aluminium U Relatif Terjangkau

List Aluminium U - kaune.fiList Aluminium U - kaune.fi

Atap merupakan salah satu bagian paling vital dalam sebuah . Namun, layaknya bagian lain, atap juga tidak terlepas dari masalah, salah satunya kebocoran di sebelah pinggir. Nah, untuk mengatasi atau mencegah masalah ini, Anda bisa menggunakan list aluminium U yang saat ini dipasarkan dalam bentuk batangan dengan yang sebenarnya cukup terjangkau.

“Setidaknya, ada enam bagian yang harus diperhatikan dalam ,” tutur Benny Puspantoro, seorang pakar arsitektur dari Kristen Atma Jaya, seperti dikutip dari .com. “Keenam bagian penting dari sebuah antara lain atap, rangka bangunan, langit-langit, lantai, fondasi, dan sanitasi.”

Khusus untuk atap, layaknya rambut, ini dapat dikatakan sebagai mahkota. Selain memiliki untuk melindungi bangunan dari terik matahari, embusan angin, dan hujan, atap juga bermanfaat untuk menambah estetika rumah. Karena itu, jika atap bermasalah atau rusak, tentu dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi penghuni rumah.

Salah satu masalah klasik yang mendera atap rumah adalah kebocoran akibat air hujan. Nah, untuk mencegah hal tersebut, pemilik bisa memasang list aluminium U yang berguna untuk menutup rongga pinggir atap agar terlindungi dari masuknya air ke dalam lubang dan benda-benda keras. Di pasaran, list aluminium U dari polycarbonate dengan harga Rp20 ribuan per batang untuk ukuran panjang 6 meter dan tebal 5 meter. Sementara, untuk list aluminium U hard case dengan panjang 3 meter, di kisaran harga Rp52 ribuan sampai dengan Rp75 ribuan per batang.

“Untuk mengetahui kebocoran atap, atap rumah memang perlu diperiksa dan dipelihara setidaknya satu tahun sekali,” tulis Rumah.com. “Perhatikan setiap bubungan, pertemuan bentuk atap, dan talang. Perubahan cuaca, terutama cuaca ekstrem, bisa membuat genteng mudah pecah dan semen pada bubungan retak. Untuk itu, lapisi sambungan genteng, bubungan, dan talang dengan waterproofing.”

Loading...